Kutai Kartanegara

DPC Hanura Kukar Fokus Siapkan Verifikasi Faktual

BERITAALTERNATIF.COM – Sebagai salah satu partai politik yang mendapatkan suara di bawah 4% di pemilu sebelumnya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mempersiapkan verifikasi faktual.

Ketua DPC Hanura Kukar Abdul Wahab Arief menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah persyaratan verifikasi faktual seperti sekretariat, kepengurusan, anggota, dan lainnya.

“Itulah sementara persiapan kami. Jujur saja kami konsentrasi dulu ke masalah verifikasi. Selanjutnya baru kita melangkah ke yang lain,” ucapnya kepada beritaalternatif.com saat ditemui di Kantor DPRD Kukar, Rabu (6/7/2022) siang.

Karena itu, Arief mengaku bahwa Hanura Kukar belum membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif. Pasalnya, Pengurus Hanura tengah memperjuangkan agar partai tersebut lolos verifikasi faktual.

Ia juga berpendapat bahwa waktu pendaftaran caleg di Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih relatif lama, sehingga Hanura masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan pencalegan.

Kata dia, verifikasi menjadi bagian yang penting agar Hanura bisa menjadi salah satu peserta Pemilu 2024.

Apabila partai tersebut lolos verifikasi serta ditetapkan sebagai salah satu partai politik peserta Pemilu 2024, dia meyakini akan banyak tokoh masyarakat yang berminat untuk menjadi caleg Hanura.

“Tentunya para caleg ini juga akan berpikir kencang juga kalau Hanura belum lolos verifikasi. Makanya kita belum bisa menawarkan pencalegan dan siapa di Hanura yang kita terima,” jelasnya.

Arief mengatakan, Hanura Kukar menargetkan bisa mendapatkan empat kursi atau satu fraksi dalam pemilihan legislatif mendatang.

Target tersebut dinilainya bisa dicapai di tengah kekuatan partainya yang kian membaik setelah dirinya duduk sebagai anggota legislatif serta dukungan dari para pengurus dan kader-kader Hanura Kukar.

“Kalau misal calonnya nanti banyak mempunyai kekuatan, saya pikir mudah juga. Tapi, kita harus mempersiapkan diri dulu, baru kita menawarkan pencalegan,” terangnya.

Arief menjelaskan, target Hanura tersebut bisa dicapai bila didukung dengan para caleg yang berkualitas serta memiliki “nilai jual” di masyarakat Kukar.

Untuk menjaring caleg yang berkualitas, sambung dia, Pengurus DPC Hanura Kukar tidak menetapkan syarat-syarat yang sulit dipenuhi bakal calon anggota legislatif.

“Kita bebas saja. Artinya, kita berikan kelonggaran kepada calon itu. Itulah kelebihan dari Hanura yang saya lihat. Hanura memberikan kebebasan sebebas-bebasnya untuk berkreasi,” tutupnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top