Kutai Kartanegara

FKIP Unikarta Adakan FGD, Gali Standar Kompetensi Tenaga Kerja

BERITAALTERNATIF.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara (FKIP Unikarta) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Draf Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada Senin (13/6/2022) pagi.

FGD yang dilaksanakan di Ruang Rektorat Unikarta tersebut menghadirkan sejumlah pimpinan media massa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya, Chief Executive Officer (COE) Beritaalternatif.com, Ahmad Fauzi.

Selain itu, hadir pula perwakilan Dinas Pariwisata Kukar, Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, lembaga penyiaran, lembaga kursus dan pelatihan, manajemen perhotelan serta perbankan di wilayah Kukar dan Samarinda.

Dekan FKIP Unikarta Dr. Jumaidi Nur menyambut baik pelaksanaan FGD tentang kurikulum MBKM tersebut. FGD ini diharapkan dapat melahirkan kurikulum yang baik untuk kegiatan MBKM.

Kata dia, kegiatan tersebut bertujuan menggali masukan dan saran dari pihak-pihak terkait (stakeholder), baik praktisi maupun dunia usaha.

“Peserta menyambut dengan baik kegiatan ini. Mereka juga bersedia bersinergi membangun kerja sama,” ucapnya Senin sore.

Ia berharap kegiatan MBKM ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kampus dan daerah. Setelah kegiatan ini, Jumaidi berharap tercapai Memorandum of Understanding (MoU) ataupun Memorandum of Agreement (MoA) antar FKIP, Unikarta, dan pihak-pihak terkait.

“MoU atau MoA ini bisa diselenggarakan oleh Universitas maupun Fakultas,” ujarnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unikarta, Sri Utami menambahkan, kegiatan tersebut merupakan usaha memperoleh masukan dan saran dari stakeholders, users, praktisi di dunia usaha, industri, dan dunia kerja terkait standar kompetensi tenaga kerja.

Ia menyebutkan bahwa standar kompetensi tersebut akan digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan kurikulum MBKM Program Studi Bahasa Inggris FKIP Unikarta.

“Dan tidak kalah pentingnya juga, dengan diadakannya FGD hari ini, kami ingin terbangunnya kesepakatan dan kesepahaman untuk mengadakan kemitraan atau kerja sama antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unikarta dengan pihak-pihak yang kami undang,” jelasnya.

Sri mengatakan, para peserta dalam FGD tersebut menyambut baik rencana pelaksanaan program magang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unikarta.

Sejumlah pihak yang diundang dalam FGD itu juga bersedia menjalin kerja sama serta berpartisipasi dalam pelaksanaan program magang mahasiswa FKIP Unikarta.

Dia berharap rencana yang disampaikan dalam FGD tersebut segera ditindaklanjuti oleh pihak Unikarta. “Khususnya penandatanganan MoU dengan lembaga-lembaga, stakeholders, praktisi, dunia usaha dan dunia kerja yang kami undang dalam acara FGD hari ini,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top