Kutai Kartanegara

Ikuti Ajang Festival Literasi Nasional, Aulia Ayudira Hakim Berhasil Jadi Salah Satu Nomine 10 Puisi Terbaik

Kukar, beritaalternatif.com – Pada Selasa (8/3/2022), Aulia Ayudira Hakim berhasil menjadi salah satu nomine 10 Puisi Terbaik tingkat SMP/MTs dalam Festival Literasi Nasional.

Di tingkat SMP/MTs, Aulia harus bersaing dengan 20.380 peserta dari 146 sekolah.

Pagelaran ini merupakan puncak program Gerakan Sekolah Menulis Buku yang diselenggarakan oleh Nyalanesia. Acara ini berlangsung secara virtual selama tiga hari, 8-10 Maret 2022.

Acara penganugerahan ini wujud apresiasi terhadap semangat literasi yang dilakukan sekolah.

Nyalanesia adalah sebuah platform yang menyajikan puluhan program literasi terintegrasi yang memfasilitasi akademisi Indonesia untuk menerbitkan karya, belajar dan mengasah kompetensinya, serta meningkatkan karir, prestasi, dan kebermaknaan hidupnya.

Semangatnya, kolaborasi serta berangkat dari kebutuhan para akademisi.

Nyalanesia berkantor pusat di Senyala Collabspace, Jalan Kartika, Nomor 60, Jebres, Kecanatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Berbagai jenis karya dilombakan berdasarkan kategori siswa dan guru. Untuk siswa SD, lomba menulis pantun dan puisi. Lomba menulis puisi dan cerpen bagi siswa SMP/SMA. Guru berkesempatan memilih lomba menulis puisi atau artikel.

Program ini diikuti oleh 1.570 sekolah dengan rincian 476 SD/MI, 146 SMP/MTs, dan 437 SMA/SMK/MA.

Jumlah peserta siswa dan guru 203.796 orang, dengan rincian 24.703 siswa SD/MI, 20.380 siswa SMP/MTs, dan 27.985 siswa SMA/SMK/MA. Diikuti 1.310 guru SD/MI, 2.458 guru SMP/MTs, dan 1.864 guru SMA/SMK/MA.

Aulia tidak menyangka akan meraih prestasi ini saat diwawancarai pada Selasa lalu.

“Saya merasa bersyukur dan juga senang, ditambah lagi orang-orang terdekat saya memberikan dukungan dan selamat, terima kasih banyak. Semoga saya terus bisa mengasah minat dan bakat menulis saya dan berkesempatan mengikuti kegiatan seperti ini kembali,” ucap siswi yang biasa dipanggil Oya oleh teman-temannya ini.

Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

“Teman-teman tetap semangat dalam berkarya. Luangkan waktu untuk menulis dan membaca,” imbuhnya.

Pihak sekolah juga merasa bangga atas pencapaian ini. “Alhamdulillah salah satu peserta didik kami mampu meraih prestasi ini. Semoga hal ini menjadi inspirasi bagi semua untuk terus semangat mengasah kemampuan literasi kita,” ucap Ahmad Zainuddin, Kepala SMPIT Nurul Ilmi Tenggarong. (*)

Penulis: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top