Kutai Kartanegara

113 Peserta Ikuti Kegiatan Pendidikan Kader Madya Garapan DPD PDIP Kaltim

BERITAALTERNATIF.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPIP) Kaltim mengadakan kegiatan Pendidikan Kader Madya (PKM) di Gedung Dispora Kukar pada Jumat (5/8/2022).

Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Kaltim Iswandi mengungkapkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 113 orang.

Kata dia, PKM memiliki sejumlah syarat, salah satunya kader PDIP harus terlebih dahulu mengikuti Pendidikan Kader Pratama. Setelah merampungkan PKM, setiap kader PDIP bisa mengikuti Pendidikan Kader Utama.

Iswandi menyebutkan, setiap orang tidak disebut kader PDIP sebelum mengikuti pendidikan kader. “Kalau belum pernah mengikuti pendidikan kader, itu anggota. Hanya anggota partai karena dia punya KTA,” jelasnya.

Kader-kader PDIP yang telah mengikuti pendidikan kader di setiap jenjang, sambung dia, dapat mengikuti pendidikan kader di jenjang berikutnya.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak memberikan penilaian lulus atau tidak lulus terhadap kader-kader PDIP yang mengikuti pendidikan kader.

“Kalau seseorang dinyatakan lulus dalam pendidikan, itu terlalu berat. Beban moralnya juga terlalu berat. Setelah Pendidikan Kader Utama misalnya, sekalinya korupsi, itu bagaimana? Itu memalukan,” sebutnya.

Setelah mengikuti pendidikan kader, partai akan memberikan surat keterangan kepada kader-kader PDIP yang telah mengikuti pendidikan tersebut.

Kemudian, partai akan memberikan penilaian dengan tingkatan berhasil atau tidak berhasil terhadap setiap kader yang mengikuti pendidikan kader PDIP.

“Misalnya dari 113 peserta nanti mungkin ada 10 atau 20 orang dinyatakan tidak berhasil, karena mungkin dia tidak mengikuti kelas secara full, dari sisi absensi, disiplin, dan lain sebagainya,” jelas dia.

Dalam kegiatan PKM ini, beber Iswandi, peserta akan mendapatkan sejumlah materi, seperti Pancasila 1 Juni, Pancasila dan Marhaenisme, Trisakti, Revolusi Mental, Tata Kelola Partai, serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PDIP.

“Untuk PKM ini, ada 12 materi. Di mana tujuh pembicaranya langsung dari DPP Partai. Kemudian tiga orang dari orang luar partai. Artinya, orang luar ini profesional,” terangnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top