Kutai Kartanegara

Donor Darah Garapan DPD ABI Kukar Himpun Puluhan Kantong Darah

Kukar, beritaalternatif.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ahlulbait Indonesia (ABI) melaksanakan kegiatan donor darah pada Minggu (20/3/2022) pagi di Yayasan Abu Dzar Al-Ghifari Kukar yang berlokasi di Jalan A. M. Sangaji, RT 01, Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong.

Kegiatan donor darah yang terlaksana atas kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar tersebut diikuti oleh puluhan calon pendonor dari berbagai usia.

Ketua Panitia Donor Darah DPD ABI Kukar, Fredy Andhika mengatakan, kegiatan ini disponsori dan didukung oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Karya Kutai Indah (KKI), dan Angkringan Om Kumis Segihan.

Salah seorang pendonor darah menerima bingkisan dari Ketua Panitia Donor Darah DPD ABI Kukar, Fredy Andhika. (Dok. Panitia))

Salah seorang pendonor darah menerima bingkisan dari Ketua Panitia Donor Darah DPD ABI Kukar, Fredy Andhika. (Dok. Panitia)

Dukungan dalam kegiatan ini juga datang dari Teluk Bawan, Peternakan Ayam Petelur Tombon, Apotek 5 Tenggarong, Gawal Moto Photography, Yayasan Abu Dzar Al-Ghifari Kukar, PT EBPP, Berita Alternatif, dan Koran Kaltim.

Meski pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di tengah guyuran hujan yang melanda Kota Tenggarong, donor darah yang ditangani empat orang petugas dari PMI Kukar tersebut berhasil menghimpun puluhan kantong darah.

Dalam kegiatan donor darah yang dibuka untuk umum ini, panitia menyediakan paket sembako dan door prize. Selain itu, PMI Kukar juga memberikan bingkisan bagi setiap pendonor.

“Semoga darah yang terkumpul dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan DPD ABI Kukar ini bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkannya,” harap dia.

Sebelumnya, Staf Tata Usaha Unit Transfusi Darah PMI Kukar, Aldianur Ramadhan mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan donor darah tersebut.

Seorang pendonor terlihat antusias mengikuti donor darah yang diadakan DPD ABI Kukar. (Dok. Panitia)

Kata dia, pasokan darah di Kukar saat ini masih sangat minim, sehingga dibutuhkan donor dari masyarakat. Apalagi selama pandemi Covid-19, warga khawatir mengikut donor darah karena takut terinfeksi virus tersebut.

Hal ini mengakibatkan stok darah di sejumlah rumah sakit di Kukar berkurang drastis dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

“Karena itu, kita sangat membutuhkan darah untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit Umum AM. Parikesit Tenggarong Seberang,” ujarnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top