Kutai Kartanegara

Dishub dan Satlantas Kukar Periksa Kendaraan yang Kelebihan Muatan

Kukar, beritaalternatif.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan operasi Over Dimension Overload (ODOL)  di Jembatan Kukar pada Kamis (17/3/2022).

Dalam operasi yang bertujuan untuk melakukan pengawasan dan uji kendaraan tersebut, Dishub Kukar menggandeng Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kukar.

Langkah ini diambil Dishub dan Satlantas Polres Kukar disebabkan selama ini kerap terjadi kecelakaan karena muatan kendaraan melebihi kapasitas yang tertera dalam buku panduan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dishub Kukar, Darwis mengatakan, selama pandemi ini pihaknya belum pernah melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kendaraan yang kelebihan beban.

Ia mengungkapkan, kendaraan yang memiliki beban melebihi kapasitas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan tak hanya ditemukan pada kendaraan besar. “Kendaraan pikap juga ketika over load, maka itu berpotensi terjadinya kecelakaan. Begitu beban besar, dia tidak bisa naik tanjakan tinggi,” jelasnya.

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan satu pun kendaraan yang mempunyai muatan melebihi kapasitas. Namun, dia memastikan, kendaraan dengan beban yang melanggar aturan akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

“Baik itu ODOL maupun surat kendaraan yang tidak lengkap, Satlantas akan melakukan tindakan langsung berupa tilang kepada mereka yang melanggar,” tegasnya.

Kata dia, operasi ini sudah terencana dan terjadwal. Ada 10 lokasi yang akan disasar secara bergantian. Hari ini di daerah Tenggarong. “Selanjutnya itu daerah lain yang masuk dalam 10 lokasi yang ditentukan,” pungkasnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top