Kutai Kartanegara

Diikuti Ratusan Orang, Polres dan ARC Kukar Sukses Adakan Vaksinasi Covid-19

Kukar, beritaalternatif.com – Polres Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Ahlulbait Indonesia Responsif Covid (ARC) Kukar mengadakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Gedung Serbaguna DPRD Kukar, Jumat (15/10/2021).

Sejak pagi, pukul 08.30 Wita, warga Tenggarong sudah berbondong-bondong datang ke lokasi vaksinasi itu. Mereka tampak antusias mengikuti program yang bertujuan untuk membentuk kekebalan komunitas demi terhindar dari infeksi virus corona tersebut.

Di sisi lain, sejak pagi, ARC Kukar bersama personel Polres Kukar beserta petugas telah menyiapkan berbagai alat, tempat, dan perangkat yang dibutuhkan untuk vaksinasi Covid-19.

Para peserta pun dengan tertib mengikuti tahapan vaksinasi yang difasilitasi DPRD Kukar tersebut. Dari pantauan beritaalternatif.com, vaksinasi ini berjalan lancar hingga berakhir dengan sukses pada pukul 12.00 Wita.

Koordinator Daerah ARC Kukar, Fredy Andhika mengatakan, berdasarkan target dari Polres Kukar, vaksinasi dosis pertama ini menyasar 300 orang peserta.

“Dari link yang kami sebarkan, ada 301 orang yang mendaftar. Jadi, orang-orang yang terdaftar di link tersebut yang kami hubungi kembali untuk bisa melakukan vaksinasi pada hari ini,” jelas Fredy.

Ia menyebutkan, syarat untuk mengikuti vaksinasi tersebut antara lain berusia di atas 12 tahun dan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Sementara persyaratan fisik yakni sehat secara jasmani: tidak terpapar flu dan kondisi tubuh sehat. “Karena sedikit banyak vaksin itu kan virus juga. Takutnya tambah penyakit dan drop,” ucapnya.

Setiap peserta yang mengikuti vaksinasi yang menggunakan vaksin Sinovac ini mendapatkan sertifikat.

Fredy mengatakan, jika Polres Kukar dan Dinas Kesehatan Kukar mempercayakan kembali kepada ARC untuk mengadakan vaksinasi, ke depan pihaknya bersedia untuk melaksanakan vaksinasi dosis kedua. “Kita siap bantu,” katanya.

Ia menjelaskan, ARC Kukar baru pertama kali terlibat dalam menyukseskan program vaksinasi ini. Sementara ARC Kaltim, dari berbagai kabupaten/kota, sudah berkali-kali bekerja sama dengan pemerintah ataupun lembaga lainnya dalam memfasilitasi warga untuk mengadakan vaksinasi Covid-19.

“Di daerah lain mungkin sudah yang kedua kali ini untuk di Provinsi Kaltim, khususnya yang bekerja sama dengan ARC,” sebutnya.

Melalui kegiatan vaksinasi ini, dia berharap ARC Kukar dapat membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi. Selain itu, pihaknya ingin menyosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk membentuk imun agar terhindar dari Covid-19.

“Hampir 80% vaksinasi ini mengurangi dampak kematian,” katanya. Terakhir, Fredy mengajak warga agar selalu menjaga protokol kesehatan agar Kukar terbebas dari pandemi Covid-19. (ln)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top