Kutai Kartanegara

Sekolah Lapangan Penerapan Teknologi Pertanian di Desa Sumber Sari Dihadiri Perwakilan Tiga Desa

Kukar, beritaalternatif.com – Perwakilan tiga desa mengikuti rembuk tani di BPU Desa Sumber Sari, Rabu (30/3/2022). Kegiatan ini merupakan persiapan Sekolah Lapangan (SL) penerapan teknologi tanaman pangan di Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sumber Sari, Loddy Yusvianta Wong mengungkapkan, sejumlah perwakilan desa yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain Sumber Sari, Manunggal Daya, dan Mekar Jaya.

Sementara pematerinya berasal dari praktisi dan perwakilan pemerintah, di antaranya perwakilan UPTD BPPSDMP Provinsi Kaltim, Abdul Rohim. Selain itu, pematerinya adalah Ratna dan Sundari.

Ia menyebutkan, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar serta perwakilan PPL dari sejumlah desa di Kecamatan Sebulu.

“Pertemuan selanjutnya dalam kegiatan SL ini akan dilaksanakan di areal persawahan,” ungkapnya, Kamis (31/3/2022).

SL berikutnya akan dilaksanakan di areal persawahan milik Kuspomo, yang merupakan anggota Kelompok Tani Sri Katon 2 Desa Sumber Sari.

Kegiatan kedua dan ketiga, yang merupakan kelanjutan dari kegiatan tersebut, akan diselenggarakan pada Mei 2022. Lalu, SL berikutnya tentang panen serta penanganan pasca panen akan diadakan pada Juni 2022.

Sekretaris Desa Sumber Sari, Rizki Andriawan, yang mewakili Kepala Desa Sumber Sari, menjelaskan, anggaran kegiatan tersebut bersumber dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim melalui UPTD BPPSDMP Sempaja Kaltim.

Harapan dia, kegiatan ini dapat mendorong para petani menerapkan teknologi terbaru, sehingga hasil pertanian dapat meningkat dibandingkan sebelumnya.

“Akhirnya nanti bisa menambah penghasilan keluarga petani tersebut,” pungkasnya. (*)

Penulis: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top