Kutai Kartanegara

Diundang dalam FGD FKIP Unikarta, Ahmad Fauzi: Berita Alternatif Siap Berkolaborasi

BERITAALTERNATIF.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara (FKIP Unikarta) Tenggarong mengundang Chief Executive Officer (CEO) Beritaalternatif.com Ahmad Fauzi dalam Focus Group Discussion (FGD) pada Senin (13/6/2022) pagi.

FGD yang dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat Unikarta tersebut membahas kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Bahasa Inggris FKIP Unikarta.

Dalam kesempatan tersebut, Fauzi mengaku sangat terhormat diundang oleh pimpinan FKIP Unikarta dalam kegiatan yang bertajuk Diskusi dan Sumbang Saran Penyusunan Draf Kurikulum Berbasis MBKM Program Magang/Praktik Kerja Prodi Pendidikan Bahasa Inggris itu.

Ia menilai bahwa program ini dapat menjadikan FKIP semakin terbuka kepada pihak eksternal. Berdasarkan pemaparan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKI Unikarta, Sri Utami, lulusan fakultas tersebut tidak hanya menjadi guru, tetapi juga bisa berkarier di multi-profesi seperti menjadi penerjemah (translater) di media massa, pemandu wisata asing, humas di berbagai perusahaan swasta, bahkan sebagai entrepreneur.

“Di kami sendiri ke depan memerlukan tenaga translater. Artinya, ada berita-berita lokal yang harus kita tuliskan dalam bahasa Inggris,” jelas Fauzi.

Berita-berita berbahasa Inggris diharapkan dapat memudahkan masyarakat dunia untuk mendapatkan informasi terkait Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), serta hal-hal yang berkenaan dengan Kalimantan Timur.

“Berita-berita internasional juga bisa dikonversi ke bahasa Indonesia,” ucapnya.

Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan di bidang tersebut dinilai Fauzi masih sangat minim di Kukar.

“Sehingga ini diharapkan bisa tersedia melalui program Merdeka Belajar tersebut,” harapnya.

Pihaknya juga mengajak dosen-dosen FKIP Unikarta mengirim artikel ke redaksi beritaalternatif.com. Ia mengaku sangat terbuka dalam menerima dan menerbitkan artikel dari para dosen di fakultas tersebut.

Selain itu, FKIP bisa membangun kerja sama seperti yang dilakukan Fakultas Agama Islam (FAI) Unikarta dengan beritaalternatif.com dalam penerbitan artikel atau opini dosen dan mahasiswa.

“Agar tulisan-tulisan dosen atau mahasiswa itu bisa menyentuh pemikiran masyarakat saat ini,” katanya.

Fauzi meyakini bahwa akademisi-akademisi dari FKIP Unikarta memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menyampaikan saran-saran terkait pendidikan di Kukar.

“Artinya, kami sangat terbuka sekali dan siap untuk berkolaborasi membuat MoA dengan FKIP Unikarta,” pangkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top