Kutai Kartanegara

Jual Ragam Makanan dan Minuman Khas Kutai, Bazar BEM Unikarta Ramai Dikunjungi Warga

Kukar, beritaalternatif.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) bersama Organisasi Mahasiswa (Ormawa) mengadakan Bazar dan Festival Ramadan pada 3-17 April 2022.

Kegiatan yang menggandeng Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di lingkungan Unikarta ini dilaksanakan di Kampus Ungu yang berlokasi di Jalan Gunung Kombeng, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong.

Ketua BEM Unikarta, Muhammad Junaidi mengatakan, kegiatan Festival dan Bazar Ramadan ini bertujuan untuk menyediakan panggung bagi mahasiswa dan pelajar untuk berkreasi dan unjuk bakat melalui panggung seni dan lomba-lomba.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan meningkatkan ekonomi kreatif serta memberikan ruang bagi mahasiswa dan masyarakat yang ingin berwirausaha.

“Ini juga untuk membangkitkan dan memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19,” ucap Junaidi, Minggu (3/4/2022) sore.

Panitia menyediakan 20 tenda untuk mahasiswa dan masyarakat yang ingin berjualan di Bazar dan Festival Ramadan tersebut.

Dari pantauan media ini, para pengunjung sangat antusias dan ramai berbelanja di Bazar Ramadan BEM Unikarta.

Kata dia, Festival Ramadan masih dalam tahap persiapan. Kegiatan tersebut akan dimulai pada 10 April 2022.

“Harapannya kegiatan ini ke depannya bisa lebih meningkat dan lebih ramai lagi,” pungkasnya.

Ramai Pengunjung

Salah satu pedagang dari elemen masyarakat yang berjualan di Bazar Ramadan Unikarta, Muhammad Turmudzi mengatakan, kegiatan bazar ini merupakan yang pertama kali diikutinya di Unikarta.

Ia menyebutkan, pada hari pertama pengunjung sangat ramai, sehingga dagangannya laku terjual.

Berbagai macam produk yang dijualnya adalah kue-kue kering, es kopior, kolak pisang, dan beberapa makanan khas Kutai seperti jendral mabok.

Dia berharap pasar Ramadan yang diselenggarakan oleh BEM Unikarta ini berjalan lancar hingga hari terakhir.

“Kemudian, tahun depan bisa lebih baik lagi, kepanitiaannya lebih kompak lagi, dan acaranya lebih meriah lagi,” harapnya.

Selain dari masyarakat umum, mahasiswa juga berjualan di pasar Ramadan BEM Unikarta, salah satunya dari Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) Angkatan 21.

Anggota Formadiksi Angkatan 21, Dwi Yanti mengatakan, pasar Ramadan yang diselenggarakan oleh BEM Unikarta ini sangat bagus untuk mahasiswa. Pasalnya, kegiatan ini merupakan salah satu momentum belajar bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha.

Ia mengungkapkan, pada hari pertama ini, pengunjung cukup ramai yang berbelanja di lapak Formadiksi.

Mereka menjual berbagai macam produk, seperti es buah, jenang gerendul, mihun, martabak mini, kue mangkuk, jajak kunci, sate, lontong, dan lain-lain.

“Semoga makin hari semakin rame dan banyak pembeli. Mudahan terus berjalan setiap tahunnya,” harap dia.

Tampil Beda

BEM Fakultas Hukum (Fahum) Unikarta melakukan sesuatu yang berbeda di Bazar Ramadan tersebut. Mereka menyediakan sayur-sayuran dan pakaian gratis untuk masyarakat.

Ketua Bidang Ekonomi Kreatif BEM Fahum Unikarta, Mona mengatakan, pihaknya mengadakan pasar gratis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Ia mengungkapkan, dana untuk kegiatan ini berasal dari donasi mahasiswa Fahum Unikarta.

Langkah ini juga sebagai bentuk kegiatan amal BEM Fahum Unikarta pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

Kata dia, selama pandemi ini perekonomian masyarakat mengalami kemerosotan. “Nah, di sini kami mencoba membantu melalui pasar gratis ini. Apalagi ini bulan penuh barokah. Jadi, pas banget deh,” ucapnya.

Mona menyebutkan, pada hari berikutnya BEM Fahum akan berjualan produk yang merupakan hasil kreativitas mahasiswa Fahum, seperti tomyam, suki-sukian, dan berbagai makanan korean food.

Selain itu, ada pula produk lokal seperti cincai hijau gula aren. Minuman ini dijual mereka karena dinilai bagus untuk pencernaan.

BEM Fahum Unikarta juga menjual masker. Tujuannya untuk mendukung penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Cavid-19.

Ia mengaku masyarakat sangat antusias mengunjungi Bazar Ramadan BEM Unikarta.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mahasiswa untuk berwirausaha,” jelasnya. (*)

Penulis: M. As’ari
Editor: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top