Kutai Kartanegara

BEM Fahum Unikarta akan Perkenalkan Kehidupan Kampus lewat Kegiatan PKKMB

BERITAALTERNATIF.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (Fahum) Unikarta sedang mempersiapkan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada akhir bulan Agustus 2022.

Ketua BEM Fahum Unikarta Anggi Sastria menjelaskan bahwa PKKMB merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyosialisasikan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

Kata dia, pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru memerlukan kerja ekstra. Karena itu, BEM Fahum Unikarta sebagai salah satu pengelola kegiatan tersebut akan menyiapkan materi-materi yang sesuai kebutuhan mahasiswa baru.

“Lewat materi itu, mahasiswa baru akan diberikan pemahaman, wawasan, dan hak kewajibannya sebagai mahasiswa yang akan menjalani masa studinya,” terang perempuan yang karib disapa Anggit ini kepada wartawan beritaalternatif.com pada Selasa (2/8/2022).

Ia menyebutkan, mahasiswa baru akan mendapatkan beragam wawasan dan pengalaman berharga, serta akan cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus setelah mengikuti kegiatan PKKMB.

“Di kampus, mahasiswa akan mendapatkan persaudaraan yang baru, lingkungan yang baru, dan semua akan serba baru,” sebut Anggit.

Persiapan kegiatan PKKMB di tingkat fakultas, sambung dia, tengah dilakukan oleh panitia. Pihaknya telah melaksanakan rapat perdana untuk menyiapkan kegiatan tersebut.

Anggit mengatakan, kegiatan PKKMB di tingkat Fahum Unikarta akan bersandar pada prinsip persaudaraan. Hal ini bakal diwujudkan dalam berbagai kegiatan selama pelaksanaan PKKMB.

Di antara sub-kegiatan selama PKKMB di Fahum Unikarta adalah pengenalan sistem belajar di fakultas serta penekanan terhadap peran dan fungsi mahasiswa.

“Yang jelas peran dan fungsinya sudah berbeda dari sebelumnya saat mereka menjadi siswa,” sebutnya.

Aktivis perempuan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kukar ini berpesan kepada mahasiswa baru agar tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman selama menempuh pendidikan di kampus.

Anggit menjelaskan, kampus merupakan wadah untuk berkembang serta mencetak generasi mudah yang akan menjadi pemimpin masa depan.

Karena itu, tidak semua pemuda mendapatkan keistimewaan untuk menjadi mahasiswa. “Jadi, jangan sampai menyia-siakan masa pendidikan kalian,” tutup Anggit. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top