Balikpapan

Tanam Puluhan Pohon di Sekitar Gedung Kesenian, Jausan Kaltim Gandeng DLH Balikpapan

Balikpapan, beritaalternatif.com – Jaringan Solidaritas Kemanusiaan (Jausan) Kaltim menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan menanam pohon di sekitar Gedung Kesenian Kota Balikpapan, Senin (10/1/2022).

Koordinator Panitia Pelaksana Hari Ulang Tahun (HUT) Jausan Kaltim ke-17, Doni Wardhana mengungkapkan, pohon yang ditanam berjumlah 25 pohon, yang antara lain pohon jambu, sawo, mangga, dan sengon.

“Harapan kita dalam HUT ini, karena pelestarian lingkungan kewajiban bagi kita semua, kita berharap mudah-mudahan Jausan semakin jaya, besar, dan kita semakin solid, cepat, sigap, dan tanggap,” harap Doni.

Diketahui, Jausan adalah organisasi non-profit yang independen dan menjunjung tinggi pluralitas-kebhinekaan, didirikan oleh para aktifis sosial-kemanusiaan pada 5 Januari 2005 dalam rangka mengoptimalkan kinerja penanganan masalah kemanusiaan.

Ditunjang kemampuan dan komitmen sumber daya manusia yang sudah teruji, serta sistem dan prosedur organisasi yang akuntabel, menjadikan Jausan siap untuk aktif dalam kegiatan sosial-kemanusiaan, serta bekerja sama dengan organisasi sejenis, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Jausan dibentuk untuk membangun dan juga berupaya mengembangkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya Jausan dalam melaksanakan kegiatan dan misi sosial- kemanusiaan.

Kemudian, membangun sistem dan standar operasional di setiap bidang dan divisi Jausan, dalam rangka penanganan masalah-masalah kemanusiaan yang lebih efektif, efisien dan akuntabel.

Organisasi ini juga bertujuan mengembangkan jaringan kerja sama dengan organisasi atau lembaga kemanusiaan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.

Selain itu, mengondisikan kesiapsiagaan segala hal dalam rangka pelaksanaan misi di bidang kebencanaan, yang sering kali bersifat tiba-tiba dan tidak terduga.

Terakhir, Jausan memiliki tujuan membangun dan juga berupaya mengembangkan partisipasi dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam kegiatan mitigasi dan antisipasi bencana, pelayanan sosial kepada masyarakat, serta pelestarian alam dan lingkungan hidup. (ln)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top