Kalimantan Timur, ID
28°C
Visibility: 10 km

Realisasi Dana Kesehatan Daerah yang Masuk Zona Merah Covid-19 Masih Rendah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa)

Jakarta, beritaalternatif.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku miris setelah mengetahui masih banyak daerah yang belanja anggaran kesehatannya rendah meski masuk dalam kategori zona merah Covid-19.

Ia mencatat realisasi Dana Alokasi Umum/Dana Bagi Hasil (DAU/DBH) khusus penanganan kesehatan sebesar 8 persen pada Pemerintah Daerah (Pemda) dengan status Covid-19 tinggi masih di angka 7,5 persen. Bahkan ada sembilan daerah yang belum menggunakan dana dari pemerintah pusat tersebut.

“Kalau kita lihat, ironisnya pada saat mereka menghadapi zona merah, tapi belanja dari TKDD atau APBD-nya, DAU/DBH untuk penanganan Covid-19 ternyata belum meningkat,” ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional XIII Apkasi, Minggu (20/6/2021).

Padahal, kata Sri Mulyani, daerah sangat membutuhkan sumber daya untuk penanganan Covid-19, baik untuk testing, tracing dan isolating, biaya tenaga kesehatan atau untuk biaya operasional kesehatan.

“Saya mohon untuk seluruh pimpinan dalam hal ini bupati yang ada di Apkasi untuk melihat karena kalau kita tidak mampu menangani Covid-19 berarti kita tidak akan mampu memulihkan ekonomi nasional kita atau ekonomi di daerah Anda,” imbuhnya.

Data belanja DAU/DBH khusus penanganan Covid-19 di 29 daerah zona merah, per 19 Juni 2021, menunjukkan realisasi baru mencapai Rp 146,9 miliar dari anggaran Rp 1,94 triliun.

Dari 29 daerah tersebut, sembilan daerah yang belum merealisasikan sama sekali belanja DAU/DBH untuk penanganan kesehatan di antaranya Kabupaten Pidie, Kabupaten Banda Aceh, Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pekan Baru, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Kudus, serta Kabupaten Bintan.

“Kalau Covid-19 makin melonjak pasti ekonomi di daerah juga mengalami tekanan yang luar biasa dampaknya,” pungkas Sri Mulyani. (cnn/ln)

Sumber: Sri Mulyani Miris Belanja Kesehatan Pemda Zona Merah Mandek

Misi AS di Afghanistan Dinilai Gagal Total Juli 19, 2021

Moskow, beritaalternatif.com – Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyebut misi Amerika Serikat (AS) di Afghanistan gagal. Sementara mantan...

AS akan Diusir dengan Hina dari Irak dan Suriah Juli 15, 2021

Damaskus, beritaalternatif.com - Analis terkemuka Arab, Abdel Bari Atwan, dalam tulisannya memaparkan analisisnya terkait meningkatnya serangan ke...

AS Dinilai Jadikan Putra Mahkota Saudi sebagai Sapi Perahan September 15, 2021

Riyadh, beritaalternatif.com - Situs “Foreign Lobby” Amerika mengeluarkan laporan yang mengatakan bahwa kas negara Arab Saudi telah...

Pemilihan Rektor Baru Unikarta akan Diadakan sebelum Desember Tahun Ini Juli 14, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (PPPR) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong, Awang M. Rifani...

Mansyur: Rehabilitasi Pengguna Narkotika Tak Boleh Tebang Pilih Juli 14, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Penangkapan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie menghebohkan jagat maya. Pasalnya, dua pesohor di Tanah Air itu terbukti...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *