Keuangan

Presiden Jokowi: Pelaku UMKM Jangan Asal Pinjam KUR

BERITAALTERNATIF.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sesuai kebutuhan.

“Kalau pinjem kredit ke bank itu juga hati-hati, dihitung, dikalkulasi. Jangan asal mengambil. Ada peluang dapat Rp 200 juta ambil Rp 200 juta, Rp 100 jutanya untuk beli mobil. Saya jamin enggak bisa kembalikan,” ujar Jokowi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha Pelaku UMK Perseorangan Tahun 2022 di Jakarta yang dipantau virtual, Rabu (13/7/2022).

Pemerintah, sambung Jokowi, memberikan fasilitas KUR dengan bunga rendah kepada UMKM yang menopang 61 persen perekonomian Indonesia. Bahkan, pada masa pandemi, bunga KUR yang ditanggung usaha ‘wong cilik’ hanya 3 persen per tahun.

Per April 2022, realisasi penyaluran KUR sudah mencapai 49 persen dari target Rp 373 triliun. Artinya, masih ada ruang untuk menyalurkan kepada UMKM yang membutuhkan.

“Masih ada Rp 185 triliun yang masih ada di bank. Segera ini bisa digunakan, tetapi sekali lagi kalau mau pinjam dihitung dikalkulasi dulu,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk meningkatkan kredit perbankan ke UMKM.

“Kalau bisa, kita capai 30 persen dari pendanaan untuk UMKM dari perbankan pada 2024,” ujar Erick. (*)

Sumber: Jokowi ke UMKM: Jangan Asal Ambil KUR!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top