Kalimantan Timur, ID
28°C
Visibility: 10 km

BNI, Bank Komersial Pertama Indonesia

BNI

Jakarta, beritaalternatif.com –  Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan perbankan pertama milik pemerintah Indonesia yang resmi berdiri pada 1946.

Menurut catatan sejarah berdirinya BNI dari laman resmi, bank ini merupakan bank sentral dengan nama ‘Bank Negara Indonesia’.

Nama tersebut ditetapkan sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1946 tanggal 5 Juli 1946.

Sejarah BNI

Sebelum BNI menjadi seperti yang dikenal saat ini, awal mulanya yaitu berangkat dari sebuah Yayasan Poesat Indonesia pada Oktober 1945.

Setelah pemerintah mendirikan Bank Sentral, Yayasan Poesat ini diizinkan bergabung, sehingga terbentuklah BNI.

Ketika itu, BNI memiliki tugas untuk mengedarkan alat pembayaran yang sah yakni Oeang Republik Indonesia (ORI). Mata uang tersebut beredar pada 30 Oktober 1946.

Seiring berjalannya waktu, status BNI diubah menjadi bank umum, sampai pada akhirnya berganti status terbaru sebagai Bank Umum Milik Negara sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1968.

Peranan BNI

Dari sejarah berdirinya BNI ini, keberadaannya memiliki fungsi penting, terutama bagi perekonomian Indonesia.

Peran BNI sebagai bank yang diberi mandat yaitu untuk memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

Ketentuan dari peran BNI tersebut ada dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1968 tentang Bank Negara Indonesia 1946.

Dengan begitu, peranan BNI ini dinilai cukup besar. Khususnya sebagai pendukung perekonomian.

BNI Terkini

Status saham kepemilikan BNI saat ini dikuasai Pemerintah RI sebesar 60 persen. Sedangkan 40 persennya milik individu, institusi, domestik dan asing.

Saat ini, BNI telah tercatat sebagai bank nasional terbesar keempat di Indonesia. Urutan tersebut berdasarkan total aset, total kredit hingga total dana dari pihak ketiga.

BNI juga menawarkan berbagai layanan seperti simpan pinjam, dengan berbagai segmen mulai dari kelas kecil, menengah hingga korporasi.

Tak hanya itu, produk layanan BNI ini telah mencakup banyak nasabah dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa sampai pensiunan.

Anak Perusahaan BNI

Dalam memberikan pelayanan finansial, BNI turut didukung oleh sejumlah anak perusahaannya, yaitu:

  1. BNI Syariah
  2. BNI Multifinance
  3. BNI Sekuritas
  4. BNI Life Insurance
  5. BNI Remittance

Museum BNI

Bank tertua dan pertama Indonesia ini memiliki museum sebagai tempat arsip yang menyimpan seluruh rekam jejak sejarah berdirinya BNI.

Museum BNI didirikan pada 2 Oktober 1998, di sebuah gedung bekas Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorij Batavia yang merupakan perusahaan milik Belanda.

Kemudian museum BNI ini diresmikan pada 5 Juli 1980 sesuai tanggal awal berdirinya Bank Negeri Indonesia, berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Pinangsia, Jakarta Barat. (cnnindonesia/ln)

Sumber: Sejarah Berdirinya BNI, Bank Komersial Pertama Indonesia

Ekonomi Afghanistan di Bawah Kendali Taliban Diprediksi akan Menyusut 20 Persen September 14, 2021

Kabul, beritaalternatif.com - Mantan kepala Bank Sentral Afghanistan Ajmal Ahmady memprediksi ekonomi Afghanistan bisa kontraksi usai diambil...

Kemenkeu akan Perpanjang Pemberian Insentif Pajak Nol Persen untuk Mobil Baru September 8, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku sedang memproses perubahan aturan terkait pemberian insentif pajak mobil...

Hoaks dan Fitnah di Balik Penyematan “Tukang Jagal” terhadap Ebrahim Raisi Juni 28, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com – Pengamat Timur Tengah, Dina Sulaeman, menanggapi penyematan “tukang jagal” yang dilakukan media-media Barat dan...

Pengusaha di Kukar Ramai-ramai Tolak Perpanjangan PPKM Juli 17, 2021

Kukar, Beritaalternatif.com – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengeluhkan kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab...

Truk Pengangkut Batu Bara Gunakan Jalan Umum, Andika: Pengawasan dan Penindakan Lemah Juni 22, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Truk pengangkut batu bara yang melewati jalan umum acap terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Aktivitas...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *