Kalimantan Timur, ID
26°C
Visibility: 10 km

Pengaruh Covid-19 Varian Delta, Pertumbuhan Ekonomi Paman Sam Tergerus

images (9)

Washington, beritaalternatif.com – Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve System (Fed) mengatakan, pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam sedikit turun pada Juli dan Agustus lalu. Ini dipicu oleh kurangnya pekerja dan material, serta munculnya virus corona varian Delta.

“(Turunnya pertumbuhan ekonomi) sebagian besar disebabkan berkurangnya (orang) makan di luar, perjalanan dan pariwisata di sebagian besar distrik, yang mencerminkan masalah keamanan karena munculnya varian Delta,” demikian laporan The Fed, Rabu (8/9/2021).

Dikutip dari AFP, laporan itu juga mengatakan aktivitas menurun di beberapa wilayah negara karena masalah tenaga kerja dan kekurangan sumber daya. Sehingga harga semakin naik.

Penjualan mobil dan rumah, yang menjadi ekonomi terbesar dunia, tertekan karena rendahnya persediaan. Sementara pertumbuhan penjualan ritel melambat, tetapi konstruksi naik moderat.

Analisis itu juga mengatakan kontak di sebagian besar distrik “tetap optimis tentang prospek jangka pendek”. Meskipun terus ada kekhawatiran luas tentang gangguan pasokan yang sedang berlangsung dan kekurangan sumber daya.

Pembukaan kembali bisnis setelah penutupan akibat pandemi menimbulkan tantangan bagi pengiriman global dan bahan baku. Termasuk krisis semikonduktor di seluruh dunia yang telah melanda sektor otomotif.

Meskipun permintaan yang kuat untuk pekerja telah membuat lapangan kerja meningkat secara keseluruhan, tetapi kecepatannya diperlambat di semua distrik oleh situasi pandemi.

“Pensiun dini (terutama dalam perawatan kesehatan), kebutuhan pengasuhan anak…dan tunjangan pengangguran yang ditingkatkan sebagai faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan dalam mengisi posisi terbuka, serta kenaikan upah di beberapa daerah,” kata Fed.

Laporan tersebut dirilis dan disiapkan sebelum pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada 21-22 September mendatang. (cnbc/ln)

Permudah Investasi, Pemerintah Hapus IMB September 24, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Praktisi hukum di Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Husni Fahrudin mengatakan, saat ini pemerintah telah menghapus...

Sasar 18 Kecamatan di Kukar, FPK Gandeng Kesbangpol Lakukan Pembinaan Pengurus Oktober 9, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar)...

Jalan Panjang dan Berliku Membangun Partai NasDem Kukar (1) September 4, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Ketua DPD Partai NasDem Kukar, Marwan, dinilai sebagai pimpinan partai politik pendatang baru di daerah tersebut yang...

Pemerintah Indonesia Berhasil Tekan Kasus Covid-19, Masih Ada Gelombang Ketiga? Oktober 2, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Indonesia telah menderita dan berhasil melalui salah satu wabah Covid-19 terburuk di Asia, dan bahkan di dunia. Pada...

Pengusaha Desak Pemkab Kukar Izinkan Angkringan Kembali Dibuka September 6, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kutai Kartanegara (Kukar) belum juga diketahui kapan akan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *