Ekonomi Makro

Subsidi BBM Dinikmati Orang Kaya, Perlebar Kesenjangan Ekonomi Indonesia

BERITAALTERNATIF.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diberikan pemerintah justru memperlebar kesenjangan ekonomi.

Hal ini tercermin dari anggaran subsidi yang digelontorkan pemerintah hingga ratusan triliun, mayoritas dinikmati oleh orang mampu.

“Ini berarti kita mungkin akan menciptakan kesenjangan yang makin lebar dengan subsidi ini, yang mampu menikmati dana subsidi ratusan triliun, yang tidak mampu tidak menikmati,” ujar Ani, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers, Jumat (26/8/2022).

Ia merinci pertalite yang anggaran subsidinya sebesar Rp 93,5 triliun tahun ini, 80 persen dinikmati orang mampu. Bahkan, 60 persen di antaranya dinikmati oleh orang sangat kaya.

“Jadi, anggaran pertalite yang besar ini, sekitar Rp 60 triliun sendiri dinikmati oleh orang sangat kaya,” jelasnya.

Selanjutnya solar, 89 persen dinikmati oleh dunia usaha dan 11 persen oleh rumah tangga. Dari 11 persen ini, yang tepat sasaran hanya 5 persen, sedangkan 95 persennya dinikmati oleh rumah tangga mampu.

Kemudian pertamax juga mendapat subsidi sebesar Rp 4.800 per liter dari pemerintah. Padahal, penikmatnya adalah orang kaya atau mampu.

“Bahkan pertamax sekalipun yang dikonsumsi mobil bagus, yang pemiliknya mampu, setiap liternya dapat subsidi Rp 4.800 per liter,” pungkasnya. (*)

Sumber: CNN Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top