Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Kemenkeu akan Perpanjang Pemberian Insentif Pajak Nol Persen untuk Mobil Baru

images (1)

Jakarta, beritaalternatif.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku sedang memproses perubahan aturan terkait pemberian insentif pajak mobil baru 0 persen alias Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah mencapai 100 persen.

Itu berarti, Kemenkeu secara tersirat telah menyetujui usulan perpanjangan insentif bebas pajak mobil yang diusulkan Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang.

“Masih proses. Perubahan aturan,” terang Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Rahayu Puspasari, sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (8/9/2021).

Kendati begitu, Rahayu belum bisa membagi target waktu kapan sekiranya perubahan aturan terkait perpanjangan insentif itu bakal selesai. “Sabar ya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menperin Agus menyatakan telah mengirim surat usulan perpanjangan insentif bebas pajak untuk pembelian mobil baru kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Saya sudah menandatangani surat kepada Menteri Keuangan untuk mengusulkan perpanjangan PPnBM DTP karena berkaitan dengan industri pendukung di belakangnya banyak sekali,” ujar Agus, akhir bulan lalu.

Usul perpanjangan insentif bebas pajak mobil sebesar 100 persen diajukan karena aturan ini sejatinya hanya berlaku sampai Agustus 2021. Sementara, pada September-Desember 2021, pemerintah hanya memberikan insentif pajak sebesar 25 persen saja.

Padahal, menurut Agus, insentif ini perlu diberikan 100 persen lagi karena terbukti berhasil mendongkrak produksi dan penjualan mobil di masa pandemi Covid-19.

Data kementeriannya mencatat penjualan mobil naik 758% pada kuartal II 2021 atau setelah insentif tersebut diberlakukan.

Tidak hanya itu, Kemenperin juga mencatat bahwa dampak penjualan mobil turut mengerek pertumbuhan industri. (cnn/ln)

Bank Mandiri Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI September 11, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Bank Mandiri memangkas pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2021 sebesar 3,69 persen secara...

Cara Dapat Obat Gratis dari Kimia Farma untuk Pasien Covid-19 Juli 8, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan layanan tebus obat gratis di apotek Kimia Farma bagi masyarakat yang...

Kebenaran, Kepatuhan, dan Pembangkangan terhadap Kekuasaan Agustus 10, 2021

Oleh: Arif Rahmansyah* DEWASA ini kita diperhadapkan dengan realitas sosial di mana kebenaran cenderung diyakini atas dasar kesepakatan banyak...

Perkuat Komitmen Perjuangan untuk Rakyat, DPD Partai NasDem Kukar akan Adakan Rakorda Juni 16, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengadakan...

Jurnalis Senior Ini Ingatkan Publik Tak Terkecoh dengan Penarikan Pasukan AS di Afghanistan Agustus 25, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com – Jurnalis senior Dede Azwar mengatakan, terusirnya AS dari Afghanistan di satu sisi memberikan harapan baru dan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *