DPRD KUKAR

Sopan Sopian Beberkan Potensi Wisata di Desa Tanjung Batuq Harapan

Kukar, beritaalternatif.com – Desa Tanjung Batuq Harapan, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi destinasi pariwisata yang menarik banyak pengunjung.

Karena itu, pemerintah berupaya mempromosikan beberapa spot wisata di desa tersebut, di antaranya Mahakam Mati dan Wisata Danau.

Mantan Kepala Desa Muara Muntai yang sekarang menjabat sebagai anggota legislator dari Fraksi Partai Gerindra, Sopan Sopian menyebutkan, di Desa Batuq terdapat beberapa spot untuk dijadikan tempat wisata.

“Kalau di desa Batuq ada spot namanya Mahakam Mati yang di tengahnya ada pulau. Kemudian ada namanya Wisata Danau di wilayah Desa Tanjung Batuq Harapan. Itu yang mau kita angkat nanti sebagai tempat wisata yang ada di Kecamatan Muara Muntai. Supaya punya ciri khas tersendiri selain dari Jembatan Ulinnya,” jelas Sopian, Senin (15/11/2021).

Hanya saja, obyek wisata itu memiliki akses jalan yang rusak. Namun, ia optimis pada tahun 2022 mendatang akan segera diperbaiki.

Meskipun masih dalam tahap perencanaan, tapi ia yakin pihaknya akan menyelesaikan perbaikan infrastruktur jalan tersebut. Lalu dilanjutkan dengan peluncuran ekonomi kreatif dan kegiatan-kegiatan yang mempromosikan pariwisata setempat.

“Saya berharap dengan adanya tempat wisata tersebut, pemuda-pemuda kreatif Muara Muntai dapat hadir untuk berkreasi dalam menghidupkan ekonomi desa melalui UMKM dan sebagainya,” sebut dia.

Diketahui, Desa Tanjung Batuq Harapan mempunyai obyek wisata danau. Pada tahun 2019, masyarakat Kampung KB berbenah untuk turut serta dalam festival Kampung Telihan dalam rangka mempromosikan pariwisata di desa tersebut.

Danau itu menjadi sasaran untuk tour dalam festival Kampung Telihan. Surutnya air di Danau Desa Tajung Batuq Harapan semakin memperindah danau tersebut.

Selain itu, hamparan rerumputan hijau dan sunset memperindah danau itu. Warga sekitar memanfaatkan areal di sekitar danau untuk berolahraga.

Kepala Desa Tanjung Batuq Harapan, Abdul Hamdi Noor, sekaligus Ketua Kampung KB Keluarga Harapan sangat mengapresiasi kegiatan promosi pariwisata di desanya. Terlebih, warga bergotong royong untuk memperindah danau tersebut. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top