DPRD KUKAR

Sa’bir Hadiri Pelatihan yang Diikuti Puluhan Pelaku UKM di Muara Jawa

Kukar, beritaalternatif.com – Anggota DPRD Kukar dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Sa’bir, menghadiri kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan di Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa, Kukar, Selasa (16/11/2021).

Pelatihan ini diinisiasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar. Anggaran kegiatan ini berasal dari aspirasi Sa’bir di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar 2021.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah gabungan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berasal dari delapan kelurahan di Muara Jawa.

“Pesertanya sekitar 50 orang ibu-ibu dari delapan kelurahan. Kegiatannya, pengolahan kue serba ikan,” ungkap Sa’bir kepada beritaalternatif.com, Rabu (17/11/2021) siang.

Kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para ibu rumah tangga agar memiliki aktivitas, kreativitas, dan keterampilan sehingga mereka dapat menopang ekonomi keluarga.

“Ibu-ibu juga diharapkan bisa lebih sejahtera,” katanya.

Politisi NasDem itu menyebutkan, Muara Jawa memiliki potensi besar di bidang perikanan. Sehingga ia mendorong masyarakat setempat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Selain menyiapkan makanan dan kue untuk kebutuhan masyarakat lokal, ia ingin mengembangkan sektor perikanan di Muara Jawa sebelum pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke sebagian wilayah Kukar dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Banyak orang yang akan datang ke IKN nanti. Mereka butuh makan. Makanya kuliner ini perlu dikembangkan. Mereka juga butuh kue nugget, presto ikan, dan lain-lain. Itu yang perlu disiapkan ke depan,” sarannya.

Sa’bir mengaku akan terus mengembangkan potensi para pelaku UKM di Muara Jawa. Setelah manajemen pelaku-pelaku usaha tersebut kian membaik, ia akan mendorong mereka membentuk koperasi.

“Saya ingin mengajak mereka lebih profesional. Jadi, secara kelembagaan lebih resmi,” ujarnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top