DPRD KUKAR

Ketua DPRD Kukar Sarankan Lahan Eks Tambang Tanito dan MHU Digunakan untuk TPA

Kukar, beritaalternatif.com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), yang telah dikelilingi permukiman penduduk mendapat respons dari berbagai pihak.

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kukar dan Camat Tenggarong.

“Ke depan memang harus dipikirkan bagaimana ini harus dicarikan lokasi yang katakan strategis. Jauh dari masyarakat,” saran Rasid saat diwawancarai awak media di Ruangan Sidang Utama DPRD Kukar, Selasa (30/11/2021) sore.

Dengan begitu, dampak buruk berupa bau tak sedap dari tumpukan sampah di TPA Bekotok tak mengganggu warga di sekitarnya.

Namun, Rasid mengaku belum mendapatkan lokasi yang strategis untuk memindahkan TPA tersebut. Sejauh ini, ia menilai lokasi eks tambang PT Tanito Harum dan PT Multi Harapan Utama (MHU) dapat digunakan sebagai areal untuk TPA.

“Tinggal nanti disurvei mana yang mungkin memadai untuk itu,” katanya.

“Di lokasi MHU itu banyak lubang-lubang itu. Tinggal dicari lubang yang agak luas yang jauh dari permukiman sehingga pemanfaatannya bisa lama,” lanjutnya.

Kata dia, TPA membutuhkan areal yang relatif luas sehingga dapat digunakan selama bertahun-tahun. Sebaliknya, jika pemerintah memanfaatkan areal yang sempit, maka akan dengan cepat terisi oleh tumpukan sampah.

Lokasi eks tambang dua perusahaan itu pun telah dibicarakan DPRD Kukar dengan Dinas Perkim dan Camat Tenggarong. Karena itu, ia meminta Pemkab Kukar segera menindaklanjutinya.

“Tinggal nanti pemerintah melakukan survei berkaitan dengan itu. Yang lebih memadailah lokasinya,” saran Rasid.

Disinggung kecamatan-kecamatan di Kukar yang belum memiliki TPA, ia menegaskan, hal ini pun menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Kukar.

Dia juga pernah menyinggung keberadaan sampah di Kecamatan Loa Janan yang disimpan di pinggir jalan oleh warga. Hal ini telah dibicarakan dengan Pemkab Kukar saat rapat bersama dengan Badan Anggaran DPRD Kukar.

“Informasi dari DLHK kemarin, sudah ada lokasi TPA yang dipersiapkan di Loa Janan. Tinggal membuka badan jalannya sekitar 100 meter,” pungkasnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top