DPRD KALTIM

Profil Muhammad Adam, Wakil Ketua Fraksi PKB-Hanura

BERITAALTERNATIF.COM – Muhammad Adam merupakan politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PKB-Hanura di DPRD Kaltim.

Di fraksi tersebut, dia adalah satu-satunya politisi yang berasal dari Partai Hanura. Sisanya, fraksi ini ditempati oleh anggota dewan yang merupakan wakil PKB: Syafruddin, Puji Hartadi, Sutomo Jabir, Yenni Eviliana, dan Jahidin.

Saat ini, Adam duduk di Komisi II sebagai Anggota. Komisi tersebut membidangi keuangan dan perekonomian, yang meliputi keuangan daerah, aset daerah, perpajakan, retribusi, dan perusahaan daerah.

Kemudian, dunia usaha, penanaman modal, keuangan dan investasi, perusahaan patungan, perindustrian, perdagangan, pertanian, perikanan, potensi kelautan, serta potensi sungai dan danau.

Ada pula bidang peternakan dan perkebunan, kehutanan, pengadaan pangan dan logistik, koperasi, pariwisata dan ekonomi kredit serta PLN, Pelindo, dan kebandarudaraan.

Pada Pemilu 2019, Adam terpilih dari Dapil Balikpapan bersama Syafruddin, Bagus Susetyo, Eddy Sunardi Darmawan, H. Baba, Hasanuddin Mas’ud, Yusuf Mustafa, Fitri Maisyaroh, Mimi Mariami BR Pane, dan Sigit Wibowo.

Sebagai Anggota Komisi II DPRD Kaltim, ia kerap menyampaikan berbagai pandangan dan dukungan kepada Pemprov Kaltim, khususnya untuk mendorong percepatan pembangunan Kaltim.

Dilansir dari deadlinekaltim.co.id pada Minggu (20/11/2022), Adam melihatkan sisi optimis dari realisasi serapan anggaran APBD 2022 oleh OPD mitra Komisi II DPRD Kaltim.

Ia menyatakan sebelumnya di akhir bulan Juli 2022, realisasi serapan anggaran terhadap OPD-OPD mitra Komisi II DPRD Kaltim belum maksimal.

“Secara akumulasi, realisasi serapan anggran APBD tahun 2022 terhadap OPD mitra kita belum mencapai 50 persen pada akhir Juli 2022 kemarin,” ujarnya.

Namun kini menurutnya laporan yang telah OPD-OPD mitra Komisi II DPRD Kaltim berikan memiliki peningkatan yang pesat dalam realisasi serapan anggaran.

“Dalam laporannya masing-masing dinas sudah menjelaskan serapan mereka telah mencapai 50 persen,” katanya. (adv/um)

Sumber Foto: Kalpos Online

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top