DPRD KALTIM

Profil Bagus Susetyo, Insinyur yang Pimpin Fraksi Gerindra di DPRD Kaltim

BERITAALTERNATIF.COM – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) merupakan peraih kursi terbanyak ketiga setelah Golkar dan PDIP di DPRD Kaltim.

Partai yang didirikan Prabowo Subianto ini menempatkan delapan orang kadernya di DPRD Kaltim, salah satunya Bagus Susetyo.

Selain itu, ada Agus Suwandy, Seno Aji, Akhmed Reza Fachlevi, Henry Pailan, Ekti Imanuel, Baharuddin Muin, dan Mashari Rais.

Saat ini Bagus ditempatkan sebagai Anggota Komisi III, Anggota Badan Anggaran, Anggota Badan Pembentukan Perda, dan Ketua Fraksi Gerindra.

Laki-laki kelahiran Yogyakarta 24 Maret 1968 tersebut terpilih pada Pileg 2019 di Dapil Balikpapan bersama Syafruddin, Eddy Sunardi Darmawan, H. Baba, Hasanuddin Mas’ud, Yusuf Mustafa, Fitri Maisyaroh, Mimi Meriami BR Pane, Sigit Wibowo, dan Muhammad Adam.

Bagus meraih 8.103 suara, tertinggi kelima setelah Hasanuddin (19.959), Eddy Sunardi Darmawan (15.272), Syafruddin (13.307), dan Yusuf Mustafa (12.666).

Bagus ditempatkan di Komisi III DPRD Kaltim, yang membidangi pembangunan, meliputi pekerjaan umum, perencanaan pembangunan, perhubungan, pertambangan dan energi sumber daya mineral dan migas, perumahan rakyat dan lingkungan hidup, serta penelitian dan pengembangan daerah.

Dilansir dari Samarinda Pos pada Minggu (20/11/2022), Bagus mengajak masyarakat untuk mengakses berbagai bantuan pemerintah, tentunya harus melalui prosedur dan sesuai syarat, seperti Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan untuk UMKM, dan bantuan untuk Kelompok Wanita Tani.

“Ada beberapa program pemerintah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di antaranya Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan untuk UMKM, hingga bantuan bagi kelompok wanita tani,” ujar Bagus.

Setiap tahun, lanjut dia, Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran sekitar Rp 150 miliar untuk beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa, sedangkan untuk tahun 2022 ini, Beasiswa Kaltim yang dialokasikan dari APBD murni senilai Rp 156,4 miliar.

Selain itu, kata Bagus, pemerintah juga membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, termasuk untuk kelompok wanita tani untuk budi daya kolam ikan hingga tanaman pertanian yang difasilitasi oleh pihaknya.

Tahun ini, kategori penerima beasiswa masih sama, yakni Beasiswa Kaltim Tuntas bagi mahasiswa dan Beasiswa Kaltim Stimulan untuk pelajar dan mahasiswa. (adv/um)

Sumber Foto: Tribun Kaltim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top