Diskominfo Kukar

Wabup Kukar Hadiri Indonesia Digital Service Living Lab Summit di Bali

BERITAALTERNATIF.COM – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menghadiri Undangan Rapat Indonesia Digital Service Living Lab Summit, di Kampus UID Simpang Serangan, Kura Kura Bali, Kota Denpasar, Bali, Senin (21/11/2022).

Wabup Rendi mengatakan, agenda ini adalah sebuah momentum sejarah berkumpulnya para kepala daerah untuk membangun kesamaan visi dan harapan terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dia mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh 62 kepala daerah yang menjadi piloting IDSL, guna memberikan pemahaman strategis pada level top management pemerintahan daerah tentang platform IDSL, untuk melompatkan Indeks SPBE dalam rangka kebijakan perkotaan cerdas berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia World Class Goverment tahun 2025.

Wabup menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dihadiri, karena keberadaan SPBE di Indonesia menjadi salah satu faktor sangat penting untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat.

Banyak variabel dari SPBE, di antaranya meningkatkan kapasitas teknologi yang memadai dalam satu daerah untuk menunjang banyak variabel di daerah, misalnya menekan angka kemiskinan, meningkatkan kinerja birokrasi, dan aspek-aspek lainnya.

Berdasarkan undangan yang hadir hari ini ada 62 kepala daerah yang diundang. Seluruh daerah tersebut sudah pernah melakukan studi banding ke Kabupaten Sumedang.

“Karena Kabupaten Sumedang per hari ini merupakan kabupaten yang SPBE-nya tertinggi di Indonesia. Jadi, banyak yang bisa kita contoh dari Kabupaten Sumedang, dari tahun 2018 yang SPBE itu rendah, dalam kurun waktu dua tahun bisa melonjak sampai jadi yang tertinggi di Indonesia saat ini,” ujarnya.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri, per hari ini sudah berada tertinggi di Kaltim untuk nilai SPBE. Pastinya untuk semua ini tidak terlepas dari kunjungan studi tiru program aplikasi, program pemantapan birokrasinya Kabupaten Sumedang dibawa di Kabupaten Kukar, sehingga SPBE Kabupaten Kukar sekarang menjadi tertinggi di Kaltim,” pungkasnya. (adv/um)

Sumber Foto: Abdirakyatnews.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top