Diskominfo Kukar

Makna Hari Sumpah Pemuda, Kadispora Kukar: Momen Bangkitkan Spirit Kewirausahaan Pemuda

BERITAALTERNATIF.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Aji Ali Husni memaknai Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 sebagai momentum untuk membangkitkan spirit kewirausahaan kaum muda.

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Jumat (28/10/2022), kata Ali, juga menjadi momentum untuk menguatkan konsistensi para pemuda dalam berwirausaha.

“Karena saat ini memang dituntut semangat kewirausahaan pemuda yang tinggi,” kata Ali kepada beritaalternatif.com di Kantor Bupati Kukar pada Rabu (26/10/2022).

Di era digitalisasi dan penentuan sebagian wilayah Kukar sebagai wilayah Ibu Kota Negara Nusantara, dia menekankan bahwa pemuda Kukar harus menyediakan diri sejak dini dalam mengembangkan wirausaha mandiri.

Sejauh ini, Ali mengaku bahwa pengembangan wirausaha pemuda telah mencapai target Pemkab Kukar. “Bahkan melebihi target kita,” ucapnya.

Kegiatan-kegiatan pengembangan wirausaha pemuda pun terus digalakkan oleh Dispora Kukar. Baru-baru ini, pihaknya mengadakan Pelatihan Entrepreneur Camp.

Dalam Entrepreneur Camp tersebut, Dispora Kukar menekankan terkait semangat kewirausahaan pemuda. Di hari terakhir, para peserta melihat kegiatan bisnis pemuda di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Para peserta diajak untuk mengetahui dan memahami proses pengusaha muda di Balikpapan dalam memajukan usahanya.

“Mereka itu maju dengan proses yang bagaimana untuk memajukan usahanya,” sebut dia.

Ali menegaskan bahwa pihaknya sangat terbuka dalam mendorong dan meningkatkan kewirausahaan pemuda di Kukar.

“Ini menjadi skala prioritas kita dalam mengembangkan pemuda. Karena Dispora itu merupakan salah satu OPD yang mendukung Program Dedikasi Bupati,” katanya.

Di sektor kepemudaan, lanjut dia, Dispora Kukar dituntut untuk mengentaskan kemiskinan dengan cara menciptakan lapangan kerja baru.

“Artinya, kita mengurangi jumlah pengangguran dan jumlah kenakalan remaja dengan cara mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif seperti pelatihan kewirausahaan,” terangnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top