Diskominfo Kukar

Asisten I Setkab Kukar Sambung Positif Kegiatan Rakorda BAZNAS Se-Kaltim

BERITAALTERNATIF.COM – Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat menyambut baik pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Kaltim yang mengangkat tema Harmonisasi Pengelolaan Zakat Daerah.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Rakorda BAZNAS Kaltim pada Sabtu (8/10/2022) malam di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur, Samarinda.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Setprov Kaltim Syahrudin. Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Prof. Nadratuzzaman Hosen, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kaltim, mitra BAZNAS, dan undangan lainnya.

Menanggapi harapan dari pimpinan BAZNAS RI, Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, pihaknya akan terus mendukung BAZNAS yang ada di daerah dalam menghimpun dan menyalurkan kepada yang berhak.

“Apa yang diharapkan BAZNAS RI membangun kolaborasi dan sinergitas, Pemkab Kukar siap membantu BAZNAS Kukar untuk mencapai target pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh dari muzakki dan disalurkan dengan cepat dan tepat sasaran, sebagai salah satu upaya dalam pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Sambutan positif juga disampaikan oleh Asisten I Setprov Kaltim, Syahrudin. “Saya menyambut baik atas terlaksananya Rakorda BAZNAS se-Kaltim sebagai bagian penting dalam memberikan solusi permasalahan ekonomi umat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Menurut dia, potensi zakat di Kaltim sangat tinggi, yakni mencapai Rp 1,1 triliun. Potensi tersebut tentu menjadi atensi bagi semua pengurus BAZNAS di Kaltim untuk dapat mengumpulkannya dengan baik, agar terpercaya dan tersalurkan tepat sasaran dan transparan.

“Kehadiran BAZNAS di saat ini sangatlah tepat, mengingat ekonomi masyarakat yang mengalami penurunan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 hingga pengangguran karena pemutusan hubungan kerja atau PHK. Oleh sebab itu, BAZNAS hadir untuk dapat mencarikan solusi ekonomi hingga terciptanya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, pimpinan pusat BAZNAS Prof. Nadratuzzaman Hosen mengatakan, Rakorda BAZNAS se-Kaltim merupakan lanjutan dari Rakornas yang sudah dilaksanakan pada Agustus 2022.

Dia berharap dalam Rakorda ini tercipta koordinasi dan kolaborasi, baik Basnaz provinsi maupun kabupaten/kota, serta menjalin sinergitas dengan pemangku kepentingan dan dukungan terhadap BAZNAS.

“Saya berharap semua pengelola BAZNAS membangun kolaborasi dengan pemerintah baik itu provinsi, kabupaten/kota dan stakholder lainnya dalam menghimpun zakat, shodaqah dan infaq dari muzakki dan menyalurkannya kepada yang berhak dan tepat sasaran secara transparan,” harapnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top