Diskominfo Kukar

Posyandu Dinilai Punya Peran Strategis dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kukar

BERITAALTERNATIF.COM – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat membuka rapat koordinasi Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal) Posyandu Tingkat Kabupaten Kukar, di Meeting Room Hotel Haris Samarinda, Sabtu (19/11/2022). 

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, atas nama pemerintah daerah, ia mengapresiasi kegiatan rakor Pokjanal Posyandu sebagai wadah berkoordinasi antar Pokja.

Sehingga segala permasalahan dan kendala yang ada, baik di kabupaten, kecamatan, maupun tingkat desa dan kelurahan dapat terpecahkan bersama.

Ia menyampaikan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sudah menjadi milik masyarakat, serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat.  

Keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat. Utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat, serta upaya kesehatan ibu dan anak. 

Dia berpesan, peran Posyandu harus betul-betul dilaksanakan dan tingkatkan, sehingga kesehatan masyarakat, khususnya angka kematian ibu, bayi dan ibu hamil dapat terdeteksi. Juga mencegah dan menuntaskan angka stunting, serta mencegah penularan Covid-19 dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Dari kegiatan Rakor Pokjanal Posyandu Tahun 2022 ini, ia berharap segala permasalahan dan kendala dalam bidang kesehatan dapat terpecahkan bersama.

Dengan begitu, Posyandu di Kukar dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya. “Ini untuk meningkatkan Posyandu yang mandiri, berbasis pemberdayaan masyarakat, dengan komitmen pemerintah dan swasta,” katanya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top