Diskominfo Kukar

Bupati Serahkan Bantuan kepada 15 Ponpes di Kukar

BERITAALTERNATIF.COM – Pemkab Kukar mendorong pencapaian target Program Dedikasi Kukar Idaman, salah satunya yang mampu memberikan nilai manfaat tinggi kepada para pengelola Pondok Pesantren (Ponpes).

Dilansir dari prokom.kukarkab.go.id pada Selasa (22/11/2022), pengelola Ponpes mampu menopang kesejahteraan warga pesantrennya melalui Program Dedikasi Gema Idaman.

Pemkab Kukar pun menyerahkan bantuan hibah bagi 15 Ponpes se-Kukar. Bantuan ini diserahkan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Minggu (20/11/2022), saat Safari subuh di Ponpes Nurul Islam, Tenggarong Seberang.

Bantuan tersebut diterima oleh Ponpes Darul Quran Wattarbiyyah (Muara Jawa), Ponpes Al-Hayyat Islamiyah (Samboja), Ponpes Modern Ibadurrahman (Tenggarong Seberang), Ponpes An-Nur Al-Ikhlas (Loa Janan), Ponpes Nurul Jadid (Marangkayu).

Selain itu, Ponpes Al Muhajirin (Muara Badak), Ponpes Lukmanul hakim (Anggana), Ponpes Darul Ihsan (Kota Bangun), Ponpes Darul Muta’Allimin (Sebulu), dan Ponpes Al-Mu’Minun (Muara Muntai).

Berikutnya, Ponpes Al-Kautsar (Tenggarong), Ponpes Ribathul Khail (Tenggarong, Ponpes Islahul Ummah (Muara kaman), Ponpes Daarurrahman (Loa Kulu), dan Ponpes Al-Munnawaroh (Tenggarong). Setiap Ponpes tersebut menerima bantuan hibah masing-masing sebesar Rp 100 Juta.

“Saya mengapresiasi atas apa yang dilakukan semua Ponpes di Kukar dalam melakukan pembangunan di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, produktif dan modern, tanpa meninggalkan nilai-nilai ketuhanan, dengan kualitas akhlakul karimah, moralitas dan mentalitas spritual,” ucap Bupati Edi usai menyerahkan bantuan hibah kepada 15 Ponpes di Kukar.

Menurut Bupati Edi, pencapaian target Program Dedikasi Kukar Idaman mampu memberikan nilai manfaat tinggi kepada para pengelola Ponpes di Kukar.

Karena itu, pihaknya merealisasikan program Gema (Gerakan Etam Mengaji) dengan menyerahkan bantuan hibah kepada 15 Ponpes penerima manfaat.

“Bantuan untuk digunakan sebaik-baiknya, khususnya untuk syiar Islam di pondok pesantren yang pada gilirannya dapat mengantarkan Kabupaten Kukar sebagai baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur,” ujarnya.

Bupati menyebutkan bahwa penyerahan bantuan tersebut sebagai realisasi dari program Dedikasi Kukar Idaman, yakni melalui program Dedikasi Gema Idaman.

Program tersebut bertujuan memperkuat lembaga-lembaga keagamaan, salah satunya kelembagaan Ponpes dengan memberikan hibah yang besaran nilainya disesuaikan dengan kemampuan Pemkab Kukar.

Melalui Program Dedikasi 1.000 Guru Sarjana, Pemkab Kukar mengalokasikan bantuan beasiswa guru di lembaga-lembaga pesantren yang belum mencapai taraf pendidikan S1 yang dilaksanakan secara bertahap dengan target minimal 1.000 guru.

“Banyak program Kukar Idaman yang sudah direalisasikan termasuk melalui Program Beasiswa Kukar Idaman dengan memberikan beasiswa 100 santri lanjut perguruan tinggi dan 1.000 orang beasiswa di pondok pesantren,” jelasnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top