Diskominfo Kukar

BPKP Kaltim Adakan Workshop, Bupati Edi Harap Muncul Perubahan Pola Pikir Perangkat Desa

BERITAALTERNATIF.COM – Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan workshop Senin (21/11/2022).

Workshop Tata Kelola Keuangan dan Pembangunan untuk Pemulihan Ekonomi dan Kemandirian Desa yang diikuti perwakilan desa-desa di kabupaten/kota se-Kaltim tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar.

Dalam sambutannya, Bupati Kukar Edi Damansyah berharap workshop ini agar bisa memberikan perubahan-perubahan pola pikir dan cara menyikapi tata kelola keuangan desa dan konsep pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Kalau kita bicara masalah ekonomi pasca Covid-19, yang ada di pikiran kita hanya memberikan bantuan sembako. Padahal, esensi mendasarnya bukan itu, karena bantuan sembako sifatnya situasional,” sebutnya.

Ia berharap workshop semacam ini dapat dilaksanakan secara intens dan berkelanjutan di Kaltim, yang diikuti oleh perwakilan desa-desa se-Kaltim.

“Semoga workshop ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Namun yang terpenting itu mengubah pola pikir dan budaya kerja terutama berkaitan dengan regulasi interpretasinya supaya betul-betul kalau bicara tata kelola itu bisa diwujudkan, hasilnya juga bermanfaat dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Ata Sumirta dalam laporannya menyebutkan workshop ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi dan menginformasikan hasil pengawasan serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengelolaan dana desa.

Jumlah peserta yang hadir kurang lebih 50 orang, yang semula direncanakan 56 orang dari masing-masing desa perwakilan di kabupaten/kota se-Kaltim.

“Dapat kami laporkan Pak Bupati, semua teman-teman dari kabupaten/kota yang hadir, di mana dari Pemdes atau yang mewakili Kepala PMD ada 11 orang dan Kadis PMD Kukar nanti akan menjadi moderator,” jelasnya.

“Kemudian Camat yang hadir kurang lebih 5 orang, dan sisanya dari perangkat desa mulai dari kepala desa, petinggi dan anggota Bapak atau PPID, sehingga yang hadir kurang lebih 50 orang,” pungkasnya. (adv/um)

Sumber Foto: Oke Borneo

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top