Diskominfo Kukar

Edi Damansyah Serahkan Pengelolaan Air Bersih Muara Siran ke BUMDes

Kukar, beritaalternatif.com – Edi Damansyah dan Rendi Solihin memiliki program pemenuhan air bersih untuk warga di seluruh kecamatan se-Kukar melalui program dedikasi Kukar Idaman.

Program ini dilaksanakan dengan skema yang melibatkan masyarakat, perusahaan swasta, dan pemerintah daerah. Selama setahun terakhir, Edi-Rendi pun merealisasikan program tersebut di sejumlah desa di Kukar.

Saat mengunjungi Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Rabu (17/11/2021) kemarin, Bupati Kukar Edi Damansyah mengaku sangat serius dalam menanggulangi masalah air bersih di masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari program dedikasi Kukar Idaman untuk penyediaan air bersih desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ucap Edi.

Ia berharap Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Guna mengoptimalkan keberadaan Pamsimas, pengelolaannya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Edi pun mengungkapkan alasan di balik pengelolaan Pamsimas oleh BUMDes tersebut. Salah satunya, BUMDes merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan pemerintah desa.

“Karena prinsipnya usaha air bersih yang dikelola oleh pemerintah tersebut bukan untuk mencari keuntungan,” ujarnya.

Dia berharap Pamsimas bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Karena itu, diperlukan peran serta masyarakat yang menjadi pelanggan, khususnya terkait pembayaran tarif penggunaan yang dibebankan setiap bulan. Kata Edi, Pamsimas pada prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat. 

Berkaitan dengan tarif bulanan yang akan dibebankan kepada pelanggan, dia telah berpesan kepada pengelola yang ditunjuk oleh desa agar dalam menetapkan tarif di bawah tarif normal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Karena ini skalanya juga kecil,” ucap Edi.

Dalam program ini, belum semua warga menikmati layanan dari Pamsimas yang baru diresmikan tersebut. Edi pun meminta kepada kepala desa untuk segera mendata kebutuhan dalam peningkatan kapasitas produksi Pamsimas sehingga pelayanan air bersih untuk masyarakat Desa Muara Siran bisa terwujud.

Apabila perhitungan untuk pelayanan Pamsimas telah dilakukan pemerintah desa, dia berkomitmen akan menyediakan anggaran pada tahun depan.

“Supaya peningkatan kapasitas Pamsimas ini bisa memberikan pelayanan satu desa ini,” ucapnya.

Kata dia, Pamsimas merupakan program strategis Kukar Idaman dalam penyediaan air bersih untuk desa. Ia berharap program tersebut bisa bermanfaat dan berguna, khususnya dalam memberikan pelayanan air bersih kepada seluruh masyarakat di Desa Muara Siran. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top