Diskominfo Kukar

Pemkab Kukar Dorong Pengelola BUMDes Gerakkan Perekonomian Desa

Kukar, beritaalternatif.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Sekda Kukar) Sunggono menjelaskan tentang definisi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dia menyampaikan, BUMDes merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan.

BUMDes bertugas mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Sunggono menekankan, ada dua hal yang perlu digarisbawahi, yakni BUMDes sebagai penggerak perekonomian di desa dan sebagai penyedia pelayanan dasar bagi masyarakat desa. BUMDes harus dikelola secara profesional dan mandiri sehingga diperlukan orang-orang yang memiliki kompetensi untuk mengelolanya.

Sebagai sebuah lembaga yang diwajibkan mendapatkan profit, ada mekanisme yang harus ditaati pengelola BUMDes dalam melakukan kerja sama dengan pihak lain. Misalnya kegiatan yang bersifat lintas desa, maka perlu dilakukan koordinasi dan kerja sama antar pemerintah desa dalam memanfaatkan sumber-sumber ekonomi seperti pengelolaan air minum.

“Mudahan-mudahan pertemuan ini juga menjadi forum silaturahim, sambil berbagi ilmu untuk mencari jalan keluar permasalahan BUMDes, ” harap Sunggono saat menghadiri pelatihan pengelola BUMDes di Hotel Mercure di Samarinda, Rabu (17/11/21).

Ia menambahkan, pengelolaan BUMDes harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada pemerintah desa. Apalagi saat ini BUMDes memiliki tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi.

Untuk itu, diharapkan kepada pengelola BUMDes untuk dapat membuat diferensiasi produk. Sekda Kukar berharap kepada peserta pelatihan untuk serius mengikuti pelatihan.

Kegiatan tersebut bertujuan mendukung dan menyukseskan program Pemkab Kukar melalui BUMDes. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Encek Ahmad Syaifuddin; Wakil Dekan 3 dari Universitas Mulawarman, Zainal Abidin; dan beberapa orang narasumber.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ahmad Taufik, menyampaikan bahwa pelatihan BUMDes dilaksanakan selama tiga hari: 17-19 November 2021. Kegiatan ini terselenggara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kukar bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda.

Kegiatan tersebut diikuti 100 orang peserta dari 50 BUMDes se-Kabupaten Kukar dari unsur ketua dan seketaris BUMDes. Dia menyampaikan, pelatihan tersebut bertujuan agar BUMDes bisa mandiri dan berkembang. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top