Diskominfo Kukar

Kadispora Kukar: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan dalam Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran

BERITAALTERNATIF.COM – Para pemuda mesti menjadi tonggak dalam pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni kepada beritaalternatif.com di Kantor Bupati Kukar pada Rabu (26/10/2022).

Sebagai sektor yang paling banyak menyumbang angka pengangguran di Kukar, pemuda juga mesti menjadi kelompok paling terdepan dalam memecahkan masalah pengangguran.

“Jumlah pengangguran dari sektor pemuda cukup besar,” terangnya.

Karena itu, Dispora Kukar terus menggalakkan pelatihan kewirausahaan untuk membangkitkan dan meningkatkan semangat pemuda dalam berwirausaha.

“Supaya dia bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Apalagi dia buka cabang. Itu pasti akan menambah tenaga kerja baru. Kemudian kalau usahanya berkembang, dia akan menambah tenaga kerja yang baru,” katanya.

Dengan cara demikian, Ali menyebutkan bahwa para pemuda dapat mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di Kukar.

Dia mencontohkan di kota-kota besar di Indonesia. Wirausaha muda menempati posisi strategis dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

“Enggak ada lagi yang berkiblat untuk bekerja di perusahaan-perusahaan. Mereka tidak lagi memikirkan bagaimana mereka menjadi PNS,” katanya.

Di berbagai kota besar di Indonesia pun para pemuda sudah bersaing dalam merebut pasar konsumen serta menghidupkan persaingan yang sehat di dunia bisnis.

“Makanya muncul wirausaha-wirausaha baru yang kreatif,” ujarnya.

Diketahui, dalam mengembangkan wirausaha muda di Kukar, Dispora Kukar memaksimalkan peran Klinik Wirausaha Pemuda (WPM), yang salah satu tugasnya mendampingi para pemuda dalam mendirikan dan mengembangkan bisnis mereka.

WPM juga telah menginisiasi berbagai kegiatan pelatihan serta membuka forum konsultasi untuk para pemuda yang telah membangun dan menjalankan bisnis di bidang usaha mikro kecil dan menengah.

Di tangan para penggerak WPM, Kukar telah menciptakan ribuan pengusaha baru yang akan menumbuhkan perekonomian Kukar di masa depan. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top