Diskominfo Kukar

Pemkab Kukar Harap Peringatan Maulid Nabi Dijadikan Sarana dalam Membangun Toleransi

BERITAALTERNATIF.COM – Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) yang diwakili Asisten III Totok Heru Subroto mengajak umat Islam untuk mereformasi komitmen diri agar benar-benar mematuhi dan mengamalkan ajaran agama Islam secara sempurna. 

Hal itu disampaikan Totok Heru Subroto saat menghadiri Tabliq Akbar dan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Selasa (11/10/2022). 

“Dengan momentum Maulid Nabi diharapkan dapat terciptanya komitmen bersama dalam mengamalkan ajaran agama Islam secara kafah agar terwujud tatanan kehidupan masyarakat muslim yang damai, sejahtera, dan berbahagia dengan landasan nilai-nilai ajaran Islam yang dilaksanakan secara konsisten, sesuai dengan tema bahwa menebar empati perkuat silaturahmi mewujudkan Kukar Idaman,” ujarnya.

Totok juga mengatakan bahwa Pemkab Kukar memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M di Masjid Agung Sultan A. M. Sulaiman Tenggarong.

Kata dia, Pemkab Kukar turut mendorong agar kegiatan semacam ini dapat terus ditumbuhkembangkan bahkan disemarakkan di tengah masyarakat, sehingga menjadi sarana yang tepat untuk membina mentalitas umat Islam agar taat dengan ajaran agama. “Sekaligus berkomitmen pula untuk menjadi warga negara teladan dan berakhlak mulia,” kata Totok.

Dalam menyelaraskan dengan program dedikasi Kukar Idaman di bidang keagamaan, maka kegiatan keagamaan termasuk kegiatan PHBI dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkuat nilai keagamaan dalam proses pembangunan SDM yang unggul, produktif, dan modern, tanpa meninggalkan nilai-nilai ketuhanan serta siap bersaing di pentas global.

Selain itu, dia berharap setiap kegiatan keagamaan diiringi dengan muatan pesan-pesan positif dan konstruktif untuk memelihara toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjalin ikatan kebersamaan, serta menjaga keharmonisan antar suku dan agama. 

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana M Rejalianur mengatakan bahwa dirinya beserta pengurus menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Pemda dan pihak-pihak terkait guna menyukseskan kegiatan tersebut. Ke depan ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan lebih meriah. 

“Atas nama ketua panitia, saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut. Ke depan saya berharap kegiatan ini bisa terus digalakkan dan berkelanjutan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, tausiah disampaikan oleh Habib Saleh Al- Jufri dari Solo. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jefry kesatria, Forkopimda, Kabag Kesra Dendi Irwan Fahriza, beberapa kepala OPD di lingkungan Pemda Kukar, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top