Diskominfo Kukar

Pemkab Kukar Apresiasi Peran Kesultanan dalam Pembangunan Daerah

Kukar, beritaalternatif.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono mewakili Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menghadiri acara “Kaseh Selamat” atas penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo terhadap Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-14, Sultan Aji Muhammad Idris, di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara, Sabtu (13/11/2021) sore.

Dalam kesempatan membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, Sunggono mengapresiasi peran Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura atas perkembangan dan kemajuan Kabupaten Kukar dalam melestarikan warisan sejarah dan budaya Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

“Dalam pembangunan Kukar, dukungan sektor kepariwisataan menjadi penting untuk menjadikan daerah kita ini sebagai daerah tujuan wisata, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara, sekaligus kilas balik sejarah,” sebut Sunggono.

Dia menuturkan, Kesultanan Kutai Kartanegara sangat berperan penting sebagai mitra sekaligus penyeimbang perjalanan pembangunan di daerah tersebut.

“Inilah yang menjadi spirit serta semangat Pemkab Kukar untuk mewujudkan program Kukar Idaman,” ucapnya.

“Pemkab Kukar dalam menjalankan amanat pembangunan pasti membutuhkan saran, pendapat dan pertimbangan yang salah satunya tentu dari pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,” tambahnya.

Sunggono membeberkan, salah satu dari 23 program dedikasi dari Pemkab Kukar adalah menetapkan Tenggarong sebagai kota warisan budaya. Sehingga pemberian gelar untuk Sultan Aji Muhammad Idris sebagai Pahlawan Nasional dalam Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Istana Negara kemarin merupakan suatu hal yang istimewa bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kukar.

“Walaupun beliau sudah berpulang, tapi jasa-jasa beliau dalam berjuang, merebut, dan mempertahankan serta mengisi kemerdekaan dan mempertahankan persatuan bangsa khususnya di Bumi Etam, Kukar, akan tetap dikenang,” katanya.

Ia melanjutkan, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui program Kukar Idaman yang tertuang dalam RPJMD Kukar 2021-2025, salah satu misinya adalah meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

“Semoga dengan semangat Aji Muhammad Idris kita dapat memperkuat generasi Kukar sebagai generasi bangsa yang berkarakter kuat, berpikir positif, bersifat optimis, kreatif dan inovatif, rukun satu sama lain, mau melangkah dan bekerja keras,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga Sunggono mengajak masyarakat Kukar untuk terus berjuang dan berkarya agar menjadi pahlawan bagi lingkungan maupun masyarakat dan daerah.

“Di Kukar kita hidup nyaman penuh kesyukuran, sambil mendayagunakan anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa dengan semangat bersama, betulungan etam bisa,” pungkasnya. (Adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top