Diskominfo Kukar

FKDM Bulungan Pelajari Cara Penanganan Konflik ke Pemkab Kukar

Kukar, beritaalternatif.com – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kamis (18/11/2021) pagi.

Kunjungan rombongan FKDM Bulungan tersebut disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, di ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar.

Sunggono membeberkan, secara mendasar kedatangan FKDM tersebut ingin belajar mengatasi potensi konflik karena di Bulungan terdapat Proyek Strategi Nasional (PSN) yang di antaranya dianalogikan seperti Bendungan Marang Kayu, Kukar.

“Seperti apa sih dalam menghadapi isu Ibu Kota Negara dan PSN yang ada di Kukar? Mereka ingin belajar seperti apa Kukar menghadapi situasi, sehingga Kukar sepertinya tenang, aman dan berjalan dengan baik, dan untuk itu mereka ingin cari tahu kiat-kiatnya,” terangnya.

Selain itu, Sunggono menuturkan, inti dari kunjungan tersebut yakni bagaimana membangun komunikasi, mendeteksi sejak awal semua potensi kemungkinan masalah di lapangan, dan selalu menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh di semua stakeholders sehingga potensi konflik bisa diantisipasi sejak awal.

“Mungkin seperti yang mereka lihat dari permasalahan yang dihadapi, PSN seperti kok aman aja, enggak pernah mencuat di media, enggak pernah ada gejolak, sehingga mereka pengen tahu, apa sih yang sudah dibuat oleh pemerintah melalui FKDM dan forum-forum yang ada di Kukar khususnya sehingga keadaannya tenang-tenang aja gitu, mereka menghadapi masalah yang keadaannya tidak seperti itu,” pungkasnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top