Diskominfo Kukar

Slamet Hadiraharjo: Lahan Pulau Kumala Strategis untuk Penelitian Mahasiswa Unikarta

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membangun kerja sama dengan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong terkait pengelolaan dan pemanfaatan lahan di Pulau Kumala.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo menyebutkan bahwa pihaknya telah menyediakan lahan di Pulau Kumala untuk kegiatan penelitian mahasiswa Fakultas Pertanian Unikarta.

“Misalnya nanti dibuat demplot. Otomatis itu kan yang tadinya tidak termanfaatkan, karena dibuat demplot, otomatis terpelihara. Nanti kami minta pinggirnya demplot, dikasih tanaman-tanaman bunga yang warna-warni, sehingga bisa untuk selfie pengunjung,” sebutnya kepada awak media baru-baru ini di Kantor Bupati Kukar.

Selain itu, mahasiswa Unikarta juga bisa menanam sayur-sayuran seperti cabai, terong, dan lainnya. Tanam-tanaman tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga bisa dijadikan lokasi swafoto oleh para pengunjung Pulau Kumala.

Dalam skema kerja sama ini, Dispar Kukar menyediakan lahan di Pulau Kumala untuk dikelola oleh Unikarta Tenggarong. “Lahannya mungkin satu atau dua hektare nanti,” sebutnya.

Slamet mengatakan, kedua belah pihak akan mendapatkan manfaat dari kerja sama tersebut. Salah satunya, mahasiswa-mahasiswa Unikarta akan mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan penilitian.

“Yang kuliah ini kan anak-anak Kukar dan mereka tidak harus ke tempat lain atau keluar dari Tenggarong untuk penelitian. Di sisi lain, lokasi tersebut terbantu untuk dipelihara,” ujarnya.

“Minimal yang selama ini terbengkalai karena kurangnya waktu pemeliharaan, bisa dipelihara oleh kawan-kawan Unikarta,” sambungnya.

Lahan di Pulau Kumala, sambung dia, sangat strategis untuk dikelola dan dijadikan lokasi penelitian mahasiswa Unikarta. “Dan juga dekat dengan kota,” pungkas Slamet. (adv/ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top