Diskominfo Kukar

Kerja Sama dengan BKN Jakarta, Pemkab Kukar Sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Kinerja

BERITAALTERNATIF.COM – Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Totok Heru Subroto membuka kegiatan Sosialisasi Piloting Penerapan Sistem Informasi Kinerja Badan Kepegawaian Negara Jakarta yang bekerja sama dengan Pemkab Kukar di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa (11/10/2022).

Totok mengapresiasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta yang telah memilih Pemkab Kukar menjadi salah satu pilot project penyusunan SKP melalui aplikasi kinerja ASN dan BKSDM Kabupaten Kukar sebagai leading sector kegiatan ini.

Dia juga berharap melalui aplikasi kinerja BKN ini pelaporan capaian kinerja ASN Pemkab Kukar dapat terekam secara berjenjang dari atasan sampai ke staf, sehingga pencapaian kinerja organisasi selaras dengan capaian kinerja individu.

Ia mengajak seluruh kepala perangkat daerah agar benar-benar memperhatikan dan konsisten untuk mengikuti kegiatan ini supaya pengembangan SDM, terutama bagi ASN, dapat terus berjalan melalui penerapan sistem informasi kinerja ASN yang terintegrasi pada instansi perangkat daerah.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kukar melalui Sekretaris BKPSDM Suhada mengatakan bahwa Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) merupakan beban kerja yang harus dicapai dan dipenuhi oleh ASN yang mengemban tugas tambahan lain dalam jangka waktu satu tahun.

Penyusunan SKP tahun 2022, sambung dia, berbeda dengan tahun 2021 yang disusun secara manual dengan format Excel dan terpecah menjadi dua periode yaitu Januari-Juni 2021 berdasarkan PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Presentasi Kerja PNS dan periode Juli-Desember berdasarkan Permenpan Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS.

Sedangkan SKP Tahun 2022 disusun berdasarkan Permenpan 6 Tahun 2022 di mana format SKP disusun pada Januari-Desember 2022.

SKP tahun 2022 di format perilaku menjadi satu dalam pencapaian prestasi kinerja dengan aspek yang terdiri dari berorientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif (berakhlak). Penyusunan SKP Tahun 2022 bisa disusun dengan format aspek kualitatif atau kuantitatif. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top