Diskominfo Kukar

Fida Hurasani: Sarana dan Prasarana di BPBD Kukar masih Minim

BERITAALTERNATIF.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah berbenah serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kukar.

Kepala BPBD Kukar Fida Hurasani mengatakan bahwa sarana dan prasarana merupakan aspek terpenting dalam pelayanan masyarakat, khususnya dalam penanggulangan bencana daerah.

Dalam pemadaman kebakaran, sejumlah sarana dan prasarana tersebut meliputi mobil pemadam kebakaran, mesin pompa air, selang, dan penyambung selang.

“Itu semua terkait dengan kesuksesan dalam menyelesaikan masalah musibah kebakaran,” katanya kepada beritaalternatif.com pada Sabtu (29/10/2022).

Kemudian, sebagai wilayah yang didominasi perairan Sungai Mahakam, banjir merupakan bencana alam tahunan yang kerap terjadi di Kukar.

Karena itu, sambung Fida, penyelamatan warga saat banjir merupakan bagian penting yang menjadi tugas BPBD Kukar. Dalam hal ini pun terdapat sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh badan tersebut.

“Sarana dan prasarananya apa di sana? Pastinya perahu karet. Itu kita sangat kurang. Minim sekali. Di gudang itu hanya ada satu perahu karet,” ungkapnya.

Pihaknya juga membutuhkan anggaran untuk perawatan selam, serta sarana dan prasarana untuk menyelamatkan warga dalam kecelakaan di perairan dan pemukiman.

“Belum lagi kalau ada bencana tanah longsor. Kalau tanah longsor, apa yang bisa kita perbuat? Kita melakukan koordinasi lintas OPD itu sudah bagus,” terangnya.

“Tapi, pada saat petugas datang ke sana tanpa membawa apa-apa, kan enggak mungkin tanah longsor hanya pakai sekop dan cangkul. Minimal ada excavator mini,” lanjutnya.

Secara umum, kata Fida, saat ini BPBD Kukar memiliki sarana dan prasarana yang sangat minim. “Dulu pernah lengkap, tapi sudah rusak dan lain sebagainya. Sekarang belum ada peremajaan,” terangnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top