Diskominfo Kukar

Kukar Kaya Festival Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat

BERITAALTERNATIF.COM – Kukar Kaya Festival merupakan salah satu program Pemkab Kukar yang berusaha mendorong serta memadukan unsur hiburan dan budaya dengan pengembangan perekonomian daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo menjelaskan bahwa pengembangan perekonomian daerah melalui program Kukar Kaya Festival dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu caranya adalah mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kukar memanfaatkan berbagai kegiatan festival pada tahun 2022 untuk memasarkan dan menjual produk-produk mereka.

Dalam penyelenggaraan kegiatan festival di Kukar, Pemkab mendatangkan sejumlah artis nasional. Karena itu, festival tersebut akan ramai dikunjungi oleh para pengunjung.

Hiburan rakyat seperti ini, sambung Slamet, dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. “Karena event ini bukan hanya untuk memberikan hiburan, tetapi di situ ada pelestarian seni budaya. Ada juga pemberdayaan ekonomi masyarakat,” katanya kepada awak media di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Kamis (13/10/2022) sore.

Selain itu, pihaknya melakukan inovasi-inovasi terhadap sejumlah produk daerah, salah satunya batik. Usaha ini pun melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kukar.

Kukar Kaya Festival, lanjut Slamet, di samping sebagai bagian dari usaha mewujudkan visi dan misi Pemkab Kukar, juga bermaksud mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Itu yang coba kita kedepankan,” pungkasnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top