Diskominfo Kukar

Kelurahan Sukarame dan Dinas Perkim Kukar Gelar Kerja Bakti Bersama Masyarakat

BERITAALTERNATIF.COM – Kelurahan Sukarame bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kerja bakti bersihkan drainase jalan dan parit di wilayah Kelurahan Sukarame Tenggarong. 

Saluran drainase yang berada di wilayah Kelurahan Sukarame ini dalam kondisi dangkal. Salurannya juga tertutup oleh tumpukan tanah, lumpur maupun sampah yang menumpuk di jalur drainase sehingga sudah bertahun-tahun tak dibersihkan.

Oleh karena itu, Kelurahan Sukarame bekerja sama dengan Dinas Perkim berinisiatif bersama Tenaga Fasilitator Lapangan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat wilayah Kelurahan sukarame mengadakan kegiatan normalisasi drainase dengan dibantu masyarakat sekitar, Selasa (22/11/2022).

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sukarame Faruk Sasmita menuturkan dalam proses normalisasi drainase ini pihaknya terpaksa harus membongkar tumpukan tanah, lumpur, dan sampah yang menumpuk.

Kotoran tersebut mengakibatkan saluran drainase di wilayah Kelurahan Sukarame tersumbat dan tidak berfungsi, sehingga perlu dilakukan kerja bakti agar saluran drainase yang tertutup bisa dibersihkan dan kembali berfungsi.

“Apalagi saat ini musim hujan, tentu kita terus waspada dan berupaya untuk mengantisipasi kendala-kendala yang tidak kita inginkan ke depannya,” ujar Faruk.

Dia juga mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penanganan dampak sosial kemasyarakatan melalui program pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tidak mempunyai pekerjaan dapat terbantu dengan memberdayakan masyarakat, khususnya warga Kelurahan Sukarame.

“Tentu pekerjaan proyek yang dimulai sejak tanggal 10 November 2022 dan berakhir di 10 Desember 2022 kiranya bisa membantu dan meringankan beban mereka sampai mereka mencari pekerjaan tetap,” ujarnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top