Diskominfo Kukar

Kepala Distanak Kukar Sutikno Buka Kegiatan Bimtek PPL

BERITAALTERNATIF.COM – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Sutikno membuka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) di Hotel Grand Elty Tenggarong pada Senin (21/11/2022).

Dalam sambutannya, Sutikno mengatakan bahwa sejak akhir tahun 2022 hingga 2023 pemerintah akan melakukan pembangunan di bidang pertanian secara masif di Kukar.

“Khususnya di kawasan sentra pangan yang dikawal oleh TNI lewat program Karya Bakti,” ungkapnya.

Kata dia, program pembangunan di bidang pertanian akan berpusat di Kecamatan Muara Kaman, Sebulu, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, dan Kota Bangun.

Pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, sambung Sutikno, akan membangun jalan usaha tani, semenisasi parit pertanian, bantuan alat mesin pertanian, embung, serta sarana dan prasarana lainnya.

Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan Bimtek tersebut juga merupakan ajang reuni Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), yang acap menjalankan tugas di lapangan untuk membantu petani-petani di Kukar.

PPL di Kukar, lanjut Sutikno, telah bekerja keras untuk membantu para petani dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi di sektor pertanian, baik tanaman pangan maupun hortikultura.

“Selain mendapatkan ilmu tentang peternakan, teman-teman PPL juga bisa me-refresh kembali otak serta pikirannya lewat Bimtek ini,” katanya.

Ia berharap 30 orang peserta dari berbagai kecamatan yang mengikuti Bimtek tersebut dapat mengambil pelajaran serta menambah wawasan mereka.

“Teman-teman PPL juga bisa membuka peluang usaha di bidang peternakan yang sangat menguntungkan. Kerja keras, niat yang baik serta doa, insyaallah hasil dari peternakan juga akan berkah,” imbuhnya.

Sementara itu, PPTK Bimtek ini, Wahib, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pihaknya mendatangkan narasumber dari BPPSDM Samarinda, Balai Besar Penyuluhan Pertanian Binuang Kalimantan Selatan (Kalsel), Balai Veteriner Banjar Baru Kalsel, BPTP Provinsi Kaltim, dan Tim Teknis Ternak Distanak Kukar dalam kegiatan ini.

“Dalam kegiatan ini, selain belajar tentang hewan ternak dalam ruangan, nanti juga dilaksanakan prakteknya, baik tentang pakannya, obat serta vitamin tentang hewan ternak maupun cara pengelolaan limbah hewan ternak,” jelasnya.

Ke depan, sambung dia, pihaknya akan melaksanakan kegiatan praktek di Taman Teknologi Pertanian L3 Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang.

Selain Kepala Distanak Kukar, hadir pula dalam kegiatan ini Kabid SDM dan Penyuluhan, Kabid Sarana dan Prasarana, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Ternak. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top