Diskominfo Kukar

Penuhi Kebutuhan Listrik Masyarakat, Pemkab Kukar Kembangkan PLTS di Muara Kaman

BERITAALTERNATIF.COM – Pemkab Kukar bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengelola penyediaan listrik ke desa-desa. 

Kerja sama ini guna memastikan Program Terang Kampungku berjalan dengan baik. Hal ini merupakan salah satu program dalam visi misi Kukar Idaman.

Kali ini, Desa Menamang Kanan dan Menamang Kiri di Kecamatan Muara Kaman menjadi desa yang dipantau langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Jumat (18/11/2022). 

Dalam program ini, Kukar menggunakan energi terbaru, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sedang dibangun di Menamang Kanan dan Menamang Kiri.

Bupati Edi mengungkapkan bahwa akhir Desember 2022 pembangunan PLTS akan selesai. Ia pun berharap pembangunan PLTS tersebut dapat memenuhi kebutuhan listri di sejumlah desa di Kecamatan Muara Kaman.

“Kita berharap bersama semoga Program Terang Kampungku bisa berjalan dengan baik, sehingga daerah pelosok-pelosok di Kukar bisa terang benderang. Tidak ada kegelapan lagi,” harapnya.

Bupati Edi menyebut, Program Terang Kampungku ini merupakan program pencapaian visi dan misi Kukar Idaman yang selalu dipantaunya.

Ia bersama Wakilnya Rendi Solihin bertekad untuk menuntaskan permasalahan kebutuhan dasar yang selama ini belum bisa dinikmati semua masyarakat Kukar.

“Kami akan terus mengusahakan daerah yang masuk dalam remote area atau tidak tersentuh infrastruktur PLN akan diupayakan dapat menikmati listrik,” ungkapnya.

Kata dia, Program Terang Kampungku menyasar belasan desa yang belum bisa menikmati listrik selama 24 jam. Berkat kesigapan dan keseriusan pemerintah, lewat Program Terang Kampungku, sejak 2021 sudah banyak desa yang teraliri listrik. 

Tahun 2022 ini progres penerangan terus berlanjut. Tahap awal, ada 15 desa dan satu kelurahan di Kukar yang masuk dalam program tersebut, yang tersebar di Kecamatan Muara Kaman, Muara Muntai, Kota Bangun, Muara Wis, Anggana, dan Muara Jawa.

Sementara itu, beberapa desa lainnya telah ditetapkan dengan PLTS Komunal. Penganggaran dengan PLTS mendapat dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan APBD Kukar melalui Program Terang Kampungku.

Hal ini ditandai dengan pemberian bantuan dua unit PLTS untuk Desa Menamang Kiri dan Menamang Kanan di Kecamatan Muara Kaman pada tahun 2022. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top