Diskominfo Kukar

Pilot Project Produksi Minyak Goreng di Kukar akan Dimulai Tahun 2023

BERITAALTERNATIF.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan memulai tahapan pembangunan pabrik minyak goreng berbahan dasar kelapa pada tahun 2023.

Tahapan ini meliputi sektor hulu hingga hilir. Pasalnya, pabrik tersebut akan dibangun secara terpadu dengan perkebunan kelapa.

Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto menjelaskan bahwa tahapan pertama yang dilakukan pemerintah daerah adalah mendorong peremajaan pohon-pohon kelapa di kecamatan yang menjadi pusat pembangunan pabrik minyak goreng.

Kelapa yang akan ditanam dan dikembangkan untuk bahan dasar produksi minyak goreng, lanjut dia, berbeda dengan kelapa muda yang acap dijual oleh para pedagang di pasar.

Dari bibit hingga lokasi yang digunakan untuk menaman kelapa tersebut berbeda dengan kelapa muda. “Artinya, kalau untuk industri, jangan diambil untuk kelapa muda. Tanamannya khusus untuk minyak goreng,” katanya baru-baru ini kepada awak media di Kantor Bupati Kukar.

Kata Totok, kelapa yang ditanam untuk bahan dasar minyak goreng tersebut akan dipelihara hingga memiliki batok dan sabut. Hal ini bertujuan memanfaatkan bagian-bagian yang terdapat di kelapa.

“Bahkan nanti ada keterkaitan antara berbagai sektor. Sabutnya itu nanti bisa untuk dikembangkan sebagai media green house. Green house ini untuk mengembangkan hortikultura,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa hortikultura yang dikembangkan secara terpadu tersebut akan dibuat menjadi pilot project dengan memanfaatkan green house.

Secara sederhana, ia menyebut green house sebagai rumah kaca. Pengembangan hortikultura lewat green house dinilainya memiliki risiko kegagalan yang jauh lebih rendah dibandingkan hortikultura yang ditanam di lahan terbuka. “Terkena hama dan segala macam itu hampir tidak ada karena dilindungi,” terangnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top