Diskominfo Kukar

Puluhan Anggota KIM Tenggarong Seberang Ikuti Bimbingan Teknis Garapan Diskominfo Kukar

BERITAALTERNATIF.COM – Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar mengadakan kegiatan bimbingan teknis pada Kamis (10/11/2022).

Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas anggota Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kukar ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Kantor Camat Tenggarong Seberang.

Bimbingan teknis dengan tema Optimalisasi Peran KIM sebagai Mitra Pemerintahan dan Menangkap Peluang Wirausaha serta Pembangunan Usaha di Era Digitalisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Seketaris Camat Tenggarong Seberang, Ambo Dalle.

Kegiatan yang diikuti oleh 36 anggota KIM dari seluruh desa di Tenggarong Seberang ini menghadirkan narasumber Kabid Sapras SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kukar, Lilis Mardiana; Penyuluh UMKM, Zakaria Ahmad Busro; dan wartawan dari Net TV, Awaludin Jalil.

Dalam sambutannya, Sekretaris Camat Tenggarong Seberang Ambo Dalle menyampaikan apresiasi kepada Diskomifo Kukar yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

Dalle berharap setelah mendapatkan bimbingan teknis ini anggota KIM Tenggarong Seberang dapat berperan aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi desa-desa di kecamatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kukar Ahmad Rianto menyampaikan bahwa KIM memiliki peran strategis dalam menjawab tantangan zaman.

KIM tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat. KIM di Kecamatan Tenggarong Seberang, kata dia, mampu menjembatani kesenjangan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Dia berharap KIM yang telah terbentuk di setiap kecamatan dan desa-desa di Kukar bisa secara aktif menginformasikan geliat UMKM, kegiatan, potensi, serta prestasi setiap desa.

“Lembaga ini dapat memiliki nilai ekonomi melalui aktivitas perdagangan, pertanian, dan industri,” jelasnya.

Dia juga berharap anggota KIM Kukar dapat mengambil peran sebagai agen pembangunan sekaligus mitra dialog pemerintah.

Sub Koordinator Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Kukar Hermawan dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan teknis KIM yang digelar di Tenggarong Seberang ini merupakan kegiatan keempat dari delapan bimbingan teknis KIM yang dilaksanakan Diskominfo Kukar pada 2022.

Dia menjelaskan bahwa bimbingan teknis ini merupakan upaya pengembangan dan pemberdayaan KIM sebagai mitra Diskominfo Kukar dalam diseminasi informasi, program, dan kebijakan pemerintah.

“Khususnya seperti yang tertuang dalam Permenkominfo Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika,” pungkasnya. (adv/dis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top