Diskominfo Kukar

Kembangkan Sistem Pelayanan Berbasis Digital, Dafip Haryanto Bangun Kerja Sama dengan Diskominfo Samarinda

BERITAALTERNATIF.COM – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar Dafip Haryanto mengurai tahapan di balik peluncuran proyek perubahan LOBI-KU pada Kamis (20/10/2022).

Dafip menjelaskan bahwa pihaknya kerap melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kukar.

Peluncuran LOBI-KU kemarin, sambung dia, merupakan kegiatan yang menjadi bagian dari agenda Tim Koordinasi SPBE Kukar.

Kata Dafip, pelaksanaan kegiatan ini merupakan langkah maju dalam mematangkan indeks SPBE, yang acap ditanyakan oleh Tim Koordinasi dalam melakukan penilaian terhadap indeks tersebut.

Pada saat penilaian indeks SPBE, Tim Koordinasi kerap menanyakan bukti kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan SPBE. Bukti tersebut meliputi dokumentasi dan undangan yang menghadiri kegiatan.

Dia menegaskan bahwa kolaborasi dalam penerapan pelayanan berbasis digital dilakukan di lintas organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kukar.

Pihaknya juga membangun kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Timur. Tujuannya mengambil hal-hal baru yang dapat diadaptasi di Kukar.

Kerja sama ini pun meliputi pengembangan kompetensi sumber daya dalam bidang statistik. “Awal tahun ini kami sebenarnya sudah ada kerja sama dengan Diskominfo Samarinda berkaitan dengan penguatan statistik,” katanya.

“Kami berterima kasih kepada Pak Hidayat atas kolaborasi dan dukungannya terhadap peningkatan kompetensi di internal kami, khususnya untuk statistik,” sambungnya.

Dafip mengungkapkan, Diskominfo Kukar juga berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam pengelolaan statistik.

“Mereka merekomendasikan untuk bekerja sama dengan Diskominfo Samarinda. Makanya kami kemarin minta dengan Pak Hidayat dan sudah sangat welcome sekali dengan kami. Beliau menugaskan timnya untuk membantu kami,” bebernya.

Dafip mengatakan bahwa pengembangan pelayanan berbasis digital di Kukar membutuhkan masukan dari berbagai pihak, salah satunya Tim Gugus Tugas Kukar Idaman yang diketuai oleh Surya Irfani.

“Kita harapkan bisa berbagi dengan kami. Ini bisa dalam rangka untuk menguatkan strategi yang kami siapkan ini. Hal-hal luar biasa yang bisa kami adaptasi ke tempat kami,” pungkasnya. (adv/ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top