Diskominfo Kukar

Bupati Edi Damansyah Apresiasi Peran Ponpes di Kukar

BERITAALTERNATIF.COM – Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi keberadaan semua Pondok Pesantren (Ponpes) di Kukar, baik yang berciri khas salaf (tradisional) maupun khalaf (modern).

Menurutnya, Ponpes menjadi wahana pembangunan SDM yang religius, sekaligus berorientasi pada pelestarian nilai-nilai keagamaan Islam.

“Semua Ponpes telah berkontribusi besar bagi peningkatan SDM di Kukar, sekaligus wadah pemupukan moderasi beragama dalam nilai-nilai kehidupan yang penuh toleransi, sikap yang egaliter, persatuan dan kesatuan, serta kehidupan yang harmonis,” ujarnya.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat mengadakan Safari Subuh ke-205 pada Minggu (20/11/2022). Kali ini tujuannya adalah Ponpes Nurul Islam, Desa Manunggal Jaya Blok D, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dalam prospek kelembagaannya, lanjut Edi, Ponpes juga perlu menyiapkan figur santrinya sebagai kader ulama dan menjadi kader umara.

Pemkab Kukar terus mendorong pencapaian target Program Dedikasi Kukar Idaman yang mampu memberikan nilai manfaat tinggi kepada para pengelola pondok pesantren.

Sehingga mampu menopang kesejahteraan warga pesantrennya melalui program Dedikasi Gema Idaman. Pemkab juga memperkuat lembaga-lembaga keagamaan, salah satunya kelembagaan Ponpes dengan memberikan hibah disesuaikan kemampuan daerah. 

Melalui program dedikasi 1.000 guru sarjana, pihaknya mengalokasikan bantuan beasiswa guru di lembaga-lembaga pesantren yang belum mencapai tarap pendidikan S1, yang dilaksanakan secara bertahap dengan target minimal 1.000 guru.

“Kemudian melalui beasiswa Kukar Idaman, Pemkab Kukar memberikan beasiswa 100 santri lanjut perguruan tinggi dan 1.000 orang beasiswa di Ponpes,” jelasnya.

Safari subuh ini ditandai dengan penyerahan bantuan hibah bagi 15 Ponpes di Kukar dengan besaran Rp 100 juta per Ponpes melalui Bagian Kesra Setkab Kukar.

Kemudian Bupati Edi juga menyerahkan bantuan hibah Rp 1 miliar untuk pembangunan Masjid Attaqwa Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, dan diakhiri peletakan batu pertama pembangunan asrama putra Ponpes Nurul Islam. (adv/um)

Sumber Foto: Kate.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top