Diskominfo Kukar

Lima Pejabat Tinggi Pratama Dilantik, Bupati Kukar Sampaikan Tiga Pesan

Kukar, beritaalternatif.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik lima Pejabat Tinggi Pratama (eselon II). Pelantikan bertempat di Amphi Theater Taman Kota Raja (bawah Jembatan Kutai Kartanegara) pada Jumat (12/11/2021) sore.

Pelantikan yang juga digelar secara virtual tersebut dihadiri Wakil Bupati Rendi Sholihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Sekda Sunggono, jajaran Forkopimda, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) di Kabupaten Kukar.

Dalam sambutannya, Edi menyampaikan selamat bertugas kepada pejabat yang baru dilantik. Ia mengemukakan, mutasi kali ini adalah hasil seleksi terbuka dengan berbagai tahapan beberapa waktu lalu.

Ia berharap kepada lima pejabat eselon II yang baru dilantik tersebut menjadi pemimpin yang amanah. Dia juga berpesan agar mereka terus belajar karena hal itu adalah kunci utama sebagai seorang pemimpin.

Edi juga berpesan agar mereka tidak cepat puas dengan hasil hari ini, serta menaati peraturan dan perundang-undangan. Lima pejabat diminta membaca Perda Nomor 6 Tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Kukar Tahun 2021-2026.

“Ini harus dibaca karena kita merancang kegiatan baik itu mempersiapkan Rencana Kerja kabupaten serta Renstra para OPD,” ucap Bupati.

Dia memberikan tiga pesan khusus yang harus dijalankan oleh lima Pejabat Tinggi Pratama tersebut. Pertama, meningkatkan manajerial dan kepemimpinan. Mereka diharapkan terus melakukan inovasi yang kreatif dengan membekali diri dengan belajar dan terus bekerja agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Edi mengingatkan bahwa amanah ini bukan untuk bersenang-senang, tetapi untuk membantu pelaksanaan program Kukar Idaman.

Kedua, bekerja lebih giat lagi dan tak terlalu banyak bicara, berkolaborasi, bersinergi dengan pihak lain, dan bekerja berdasarkan data yang terintegrasi. Kata dia, semangat Kukar Idaman adalah gerakan seluruh komponen.

Ketiga, bekerja berdasarkan data yang akurat. Bupati Kukar meminta agar pengelolaan data harus akurat dan terstandardisasi untuk menyusun kegiatan menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Bupati menegaskan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Karena itu, kepada seluruh pejabat di Kukar diminta untuk membangun komitmen kerja keras dan kerja cerdas, sehingga tidak ada lagi waktu untuk bersantai-santai.

“Pekerjaan rumah di Tenggarong saja masih banyak. Belum lagi yang ada di kecamatan-kecamatan. Oleh sebab itu, seluruh pejabat dalam bekerja harus berbasis data dan terus melakukan evaluasi yang baik agar bisa menghasilkan pekerjaan yang memuaskan untuk masyarakat,” pesannya.

Ia menyampaikan, dengan daya dukung pendapatan sekarang ini, pejabat diharapkan bisa lebih tepat dalam meletakkan prioritas. Dengan demikian, persoalan di masyarakat bisa diselesaikan secara bertahap.

“Untuk jabatan yang masih kosong di OPD lainnya, akan terus berproses. Dipastikan semua tahapan seleksi akan dilakukan secara transparan,” katanya.

Adapun lima Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik Bupati tersebut antara lain Kepala BKPSDM, Rakhmadi; Kepala Disdikbud, Thauhid Afrilian Noor; Kepala Dinas PU, Wisnuwardhana; Kepala Dinas Perkim, Maman Setiawan; dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Muslik. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top