Diskominfo Kukar

Bupati Kukar Dorong Pengembangan Kopi dan Jahe di Perkebunan Rakyat

Kukar, beritaalternatif.com – Bupati Kukar Edi Damansyah mengajak seluruh kepala desa se-Kukar mengambil contoh dari kepala Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, yang mampu mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan di desanya.

Kata dia, kepala Desa Jonggon Jaya telah berhasil mengembangkan lahan dengan menanam kopi, jahe, dan karet. “Mari kita contoh dan jadikan Kukar merdeka pangan,” imbuhnya saat berkunjung ke Desa Jonggon Jaya, Jumat (19/11/2021).

Edi menyebutkan, kopi telah lama dikembangkan di Kukar. Namun, beberapa tahun terakhir, kopi jarang dilirik oleh masyarakat. Dengan program Kukar Idaman, ia berjanji akan mendorong para petani menanam kopi dan jahe melalui skema perkebunan rakyat.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada para petani karena perkebunan ini bukan hanya satu komoditi saja, tetapi bisa dilakukan dengan sistem tumpang sari sehingga lahan lebih produktif dan bernilai ekonomis,” jelasnya. 

Para petani dan pemerintah desa, kata Edi, memiliki tantangan dalam melakukan dan mengembangkan pemasaran terhadap produk pertanian seperti jahe dan kopi. 

Bupati pun mengaku berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI atas rencana pengelolaan dan pengembangan Rumah Produksi di seluruh wilayah Indonesia. 

“Dengan adanya Rumah produksi, nantinya saya berharap bisa terus dikembangkan dan dibudidayakan dan lebih mudah untuk mencari pasar atau pembeli,” harapnya. 

Edi sangat mengapresiasi dukungan dari kementerian dan dukungan semua pihak karena perkebunan rakyat merupakan salah satu program prioritas Kukar Idaman. 

Dia mengajak seluruh dinas, kantor, badan, perusahaan negara dan swasta, serta masyarakat Kukar mengonsumsi produk lokal seperti kopi dan jahe yang dikembangkan masyarakat Jonggon Jaya.

“Ke depan kalau rapat-rapat saya harap bukan menggunakan kopi instan lagi, tapi sudah menggunakan kopi-kopi lokal sepeti kopi Jonggon ini,” pungkas Bupati. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top