Diskominfo Kukar

Bupati Kukar Harap Pakem Expo Garapan KNPI Bangkitkan UMKM

Kukar, beritaalternatif.com – Mewakili Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Plt Asisten II sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar Wiyono bersama Ketua KNPI Kukar Eko Wulandanu secara resmi membuka Pakem Expo (Pemuda Kreatif Ekonomi Maju ) KNPI Kukar 2021 di Area Parkir Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong Seberang, Jumat (5/11/2021) malam.

Acara yang dihadiri unsur Forkopimda dan beberapa kepala OPD Kukar yang berlangsung selama sembilan hari mulai 5-14 November 2021 ini telah mengantongi izin dari Satgas Covid-19. Namun tetap memperhatikan standar protokol kesehatan.

Pameran Pakem Expo KNPI 2021 ini yang pertama kali diselenggarakan KNPI Kukar bekerja sama dengan Bankaltimtara Tenggarong dan didukung penuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Peserta pameran Pakem Expo merupakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah melalui Kepala Bappeda Kukar, Wiyono, mengaku sangat mengapresasi pengurus DPD KNPI Kukar masa bakti 2021-2024 beserta pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Selama lebih dari dua tahun ini Pemkab Kukar tidak pernah melaksanakan kegiatan pameran. Karena pemerintah fokus menghadapi penyebaran virus Covid-19.

Ia menyebutkan, data pertumbuhan UMKM di Kukar menunjukkan angka kemajuan yang sangat pesat. Sebab, banyak UMKM yang bermunculan dan tumbuh subur di tengah masyarakat. Hal ini tidak hanya di Tenggarong, tetapi juga terlihat di kecamatan-kecamatan lain di Kukar.

Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Sholihin telah berkomitmen menjalankan roda pemerintahan saat ini dengan menjalankan visi dan misi Kukar Idaman, yakni mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

Di antara 23 dedikasinya, terdapat lima dedikasi yang menyentuh pelaku UMKM di Kukar, di antaranya Program Kukar Siap Kerja, Kaya Festival, Usaha Kecil Idaman, Kreatif Idaman, dan Dunia Usaha Ramah Lingkungan.

Wiyono menambahkan, dalam rangka membantu pelaku UMKM di Kukar untuk mengembangkan usaha atau penambahan modal usaha, pihaknya telah memulai program kredit Kukar Idaman yang bekerja sama dengan Bankaltimtara Cabang Tenggarong. Program tersebut dilaksanakan dengan bunga nol persen, proses cepat, berbiaya rendah, dan persyaratannya pun lebih mudah dibandingkan kredit reguler lainnya.

Dia berharap kepada seluruh kaum muda di Kukar agar menjadi pengusaha yang sukses dan mandiri, dan tidak lagi bermimpi setelah lulus sekolah atau kuliah menjadi PNS.

“Tetapi mindset-nya sudah beralih kepada bagaimana menjadi pengusaha muda sukses, menjadi manajer perusahaan sendiri dan bahkan bisa membuka lapangan kerja baru,” katanya.

“Dan para pelaku usaha UMKM di Kukar mampu bangkit kembali serta memacu kreativitas pemuda di wilayah kita,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua KNPI Kukar Eko Wulandanu mengatakan, penyelenggaraan Pakem Expo KNPI bermula dari keluhan para pelaku UMKM di Kukar. Selama pandemi, usaha mereka turun drastis karena masyarakat terbatas dalam beraktivitas. Hal ini mengakibatkan daya beli masyarakat berkurang.

Dalam menyelenggarakan kegiatan Pakem Expo ini, pihaknya tidak bergerak sendiri. Oleh karena itu, KNPI Kukar bergandengan tangan dengan Bankaltimtara Cabang Tenggarong dan pemerintah daerah serta pelaku UMKM.

Pihaknya memiliki harapan besar melalui kegiatan Pakem Expo KNPI ini. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi para pelaku UMKM di Kukar untuk bangkit kembali, dan memberikan konstribusi nyata dalam membantu meningkatkan perdagangan dan roda perekonomian di Kukar.

“Setelah beberapa waktu lamanya mengalami hambatan akibat merebaknya pandemi Covid-19,” tegasnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top