Diskominfo Kukar

Belasan Desa di Kukar Nikmati Listrik selama 24 Jam lewat Program Terang Kampungku

Kukar, beritaalternatif.com – Edi Damansyah dan Rendi Solihin selaku Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) mengusung program Terang Kampungku setelah dilantik sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah Kukar pada Maret 2021 lalu.

Program ini bertujuan mengalirkan listrik ke desa-desa yang selama ini belum menikmati listrik selama 24 jam dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Sejauh ini, Bupati dan Wakil Bupati Kukar telah mengawal dan merealisasikan program tersebut di beberapa di Kukar. Program ini pun mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat yang selama ini bergulat dengan “kegelapan” karena sudah bertahun-tahun tak menikmati aliran listrik selama 24 jam.

Dalam rangka memantau secara langsung realisasi program Terang Kampungku, pada Rabu (17/11/2021) kemarin, Bupati meninjau rumah-rumah warga yang saat ini telah menikmati listrik selama 24 jami di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman.

Ia bersilaturahmi ke rumah-rumah warga yang telah dialiri listrik. Setiba di salah satu rumah warga, Edi mencoba menghidupkan salah satu lampu di rumah warga. Ruang yang sebelumnya sedikit gelap disebabkan kurangnya cahaya matahari, seketika menjadi terang karena cahaya lampu.

Dia juga mencoba memastikan alat elektronik lainnya berfungsi. Seperti lemari es, mesin cuci, dan beberapa alat lainnya yang menggunakan tenaga listrik.

“Alhamdulillah pak ya, saat ini listrik sudah menyala selama 24 jam. Berarti saat ini bisa sudah bikin es batu,” ucap Edi disambut senyum ramah oleh keluarga yang dikunjunginya.

Edi menerangkan, Desa Muara Siran ini dahulu merupakan salah satu dari 14 desa yang belum bisa menikmati ketersediaan listrik selama 24 jam.

Bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-76 tahun pada Agustus lalu, Pemkab Kukar bekerja sama dengan PT PLN Persero agar Muara Siran mendapatkan jatah peningkatan kapasitas daya. Sehingga 14 desa yang dulu hanya menikmati listrik selama 12 jam saat malam hari, kini bisa menikmatinya selama 24 jam.

Edi berharap listrik yang sudah tersedia selama 24 jam ini segera berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya masyarakat Muara Siran.

Turut mendampingi Bupati pada kegiatan kunjungan tersebut, Camat Muara Kaman, H. Surya Agus; unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Muara Kaman; Pj Kepala Desa Muara Siran, Anedy; serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top